100 Disabilitas Tulungagung Terima Suntik Vaksin COVID-19 Dosis Pertama
Petugas menginjeksikan vaksin COVID-19 ke lengan seorang difabel di RS Prima Medika, Tulungagung, Jawa Timur (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Bagikan:

Tulungagung – Program vaksinasi COVID-19 juga menyasar disabilitas, salah satunya di Tulungangung, Jawa Timur. Sebanyak 100 disabilitas Tulungagung ikut mendapat suntik vaksin yang digelar di RS Prima Medika Tulungagung.

"Ini vaksinasi dosis pertama, karena jumlahnya terbatas, satu hari ini bisa selesai," jelas Moesyafi, pendamping penyandang disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, Moesyafii, dikutip dari Antara.

Vaksinasi Disabilitas Tulungagung Berjalan Lancar

Proses vaksinasi berjalan lancar. Sebagian warga disabilitas, baik cacat fisik maupun tuna netra, mendatangi lokasi sendiri-sendiri, sebagian lagi datang rombongan dengan kendaraan pribadi roda empat.

Setibanya mereka di lokasi, satu persatu menjalani pemeriksaan suhu tubuh, tensi, dan kadar gula dalam darahnya di meja 1. Setelah dinyatakan sehat, mereka akan menuju meja berikutnya untuk mendapat konseling dokter dan mendapat tiket vaksin.

"Alhamdulillah semua berjalan baik. Hampir semua yang terdaftar bisa vaksinasi. Hanya tadi ada dua yang akhirnya tertunda karena tensi mereka tinggi. Hampir 200," ujar Setiaji, Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung.

Vaksinasi dosis kedua rencananya akan dilangsungkan pada minggu kedua bulan Mei, sebelum Lebaran 2021.

Dinsos Tulungagung sendiri mendata terdapat 500 lebih warga disabilitas, yang tergabung dalam tiga komunitas disabilitas, yaitu Pertuni (Persatuan Tuna Netra Indonesia), Percatu (Perkumpulan Cacat Tubuh), dan PDMT (Perkumpulan Disabilitas Mandiri Tulungagung).

Selain terkait vaksinasi disabilitas Tulungagung, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.