Dua Tokoh dari Jawa Timur Masuk sebagai Tokoh Perempuan Terpopuler dan Tervokal di Media Massa
Dari kiri ke kanan (kolase) Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Mensos Tri Rismaharini. (Dokumentasi ANTARA)

Bagikan:

Surabaya – Perusahaan Intelijen Media Indonesia Indicator menyatakan bahwa dua perempuan dari Jawa Timur jadi tokoh perempuan terpopuler sekaligus tervokal di media massa. Kedua tokoh tersebut adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Mensos Tri Rismaharini. Selain itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga termasuk di dalamnya.

Sebagai informasi, Indonesia Indicator (I2) adalah sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak kecerdasan buatan (AI).

Direktur Komunikasi Indicator (I2), Rustika Herlambang lewat keterangan persnya mengatakan bahwa figur Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tampil sebagai perempuan terpopuler sekaligus tervokal di media massa.

Risma dan Khofifah Tampil sebagai Perempuan Terpopuler di Media Massa

Sepanjang 19 April 2020 hingga 19 April 2021 ada 18 Tokoh Perempuan Terpegah (Top person) dan 17 Tokoh Perempuan Tervokal (Top Influencer) yang mendominasi pemberitaan 5.964 media daring, baik lokal dan nasional.

"Dari 14.792.951 berita yang disajikan 5.964 media daring sepanjang satu tahun terakhir, Sri Mulyani diberitakan sebanyak 80.149 berita, dan memiliki 153.443 pernyataan yang dikutip media," kata Rustika saat menjelaskan hasil risetnya yang bertajuk "Perempuan dalam Berita", dilansir dari Antara.

Ia menilai bahwa sosok Sri Mulyani sebagai Menkeu banyak disorot media lantaran perannya dalam memulihkan ekonomi RI, pengalokasian anggaran penanganan COVID-19, dan penanggulangan UMKM terdampak COVID-19.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Figur Perempuan Terpegah kedua. Dalam satu tahun terakhir, Ketua Umum PP Muslimat NU itu masuk dalam 53.417 berita di media massa. Selain itu Khofifah juga masuk dalam perempuan tervokal kedua karena memiliki 150.774 pernyataan yang dimuat di media massa.

Di posisi ketiga ada Menteri Sosial Tri Rismaharini. Ia tampil dalam 51.436 berita dan 121.548 kutipan di media massa. Baik Khofifah dan Risma, keduanya banyak diberitakan dan berbicara tentang penanggulangan COVID-19 terutama di Jatim dan Surabaya.

Selain terkait tokoh perempuan terpopuler dan tervokal di media massa, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.