Demi Meningkatkan Pelayanan pada Masyarakat, RS Milik Pemprov Jatim Dutuntut Berinovasi
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) tinjau unit baru hemodialisa (HD) atau ruang cuci darah (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemprov Jatim/VFT)

Bagikan:

MALANG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendesak agar rumah sakit di bawah naungan Pemprov Jatim agar terus berinovasi. Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

"Jadi masing-masing RS menjadi center of excellence di bidangnya sendiri-sendiri. Masing-masing terus berinovasi," kata Khofifah, dilansir dari Antara, Kamis, 29 April.

Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan diresmikannya unit baru hemodialisa (HD) atau ruang cuci darah dan berbagai layanan lainnya, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Malang.

Rumah Sakit Milik Pemprov Jatim Makin Produktif dan Profesional

Gubernur menambahkan, dengan adanya center of excellence (pusat keunggulan) maka spesifikasi peran RS bisa lebih produktif dan semakin profesional. Sebab, layanan kesehatan terus mendapatkan ruang baik dari perencanaan nasional maupun daerah.

Khofifah menilai bahwa inovasi harus dilakukan terutama terkait pelayanan kesehatan untuk masyarakat serta mewujudkan RS menjadi center of excellence. Inovasi yang dapat dijalankan termasuk di dalamnya berupa teknologi kedokteran.

“Ruang berinovasi harus dibuka lebar dan makin berkemajuan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena, dengan inovasi mampu melahirkan produk-produk berbagai penelitian," tutur Khofifah.

Unit hemodialisa sendiri jadi salah satu terobosan layanan kesehatan yang dicanangkan oleh RSUD Saiful Anwar Malang. Inovasi ini diadakan demi meningkatkan kebutuhan layanan pasien yang sedang membutuhkan layanan HD atau cuci darah.

Ruang hemodialisa ini setidaknya mampu menampung 45 tempat tidur (bed). Dengan begitu total bed yang dipunyai RSUD Saiful Anwar Malang kurang lebih sekitar 102 unit.

Di masing-masing tempat tidur sudah disiapkan mesin HD atau cuci darah unit masih baru buatan Jepang merk Nipro tipe Surdial 55Plus. Dengan adanya unit tersebut diharapkan kebutuhan layanan HD yang tiap minggunya mencapai 665 kali.

Selain terkait inovasi bidang kedokteran oleh RS milik Pemprov Jatim, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.