Lakukan Deklarasi, Berikut Ini Susunan Pengurus Partai Ummat Besutan Amien Rais
Tangkapan Layar Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais memimpin acara deklarasi partai di Yogyakarta (Foto: Antara)

Bagikan:

SURABAYA – Tokoh pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, secara resmi telah mendeklarasikan pendirian Partai Ummat di Yogyakarta. Berdasarkan informasi dari akun Youtube Amien Rais Official, Tokoh Reformasi 1998 itu berdeklarasi pada hari Kamis bertepatan pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah.

"Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader, dan anggota Partai Ummat, pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah, bertepatan dengan 29 April 2021 Masehiah, Bismillahirahmanirahim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada Bumi Pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama,” ucap Amien Rais dilansir Antara, Jumat, 30 April.

Partai Ummat bertekat untuk melawan kezaliman serta menegakkan keadilan

"Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya, Insyaallah, akan bekerja, berjuang, dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” lanjut Amien.

Dalam deklarasi tersebut nampak jajaran pengurus Partai Ummat yang berdiri di kanan, kiri, dan belakang Amien Rais. Mereka mendengarkan isi deklarasi pendirian partai.

"Kami sadar bahwa menegakkan kebajikan dan memberantas keburukan serta menegakkan keadilan dan melawan kezaliman memerlukan kesabaran, ketekunan, dan keteguhan," kata Amien yang mengenakan seragam Partai Ummat.

"Kami abdikan seluruh salat kami, seluruh ibadah kami, kehidupan kami. Kami persembahkan hanya untuk Allah, Tuhan Semesta Alam," tutur Amien Rais lagi.

"Kami yakin, seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan dalam kehidupan nasional sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra parlementer dan cara-cara ekstra konstitusi," kata tokoh Reformasi itu.

Amien Rais juga sempat memimpin anggota partai untuk berdoa dan menyerukan “Allahuakbar” (Allah Maha Besar) sebanyak tiga kali. Deklarasi ditutup dengan seruan "Merdeka", yang juga diikuti oleh pengurus lain.

Daftar Pengurus Partai Ummat

Partai juga mengumumkan jajaran pengurus Majelis Syuro dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Ummat, berikut rinciannya.

Majelis Syuro Partai Ummat

  • Ketua Majelis Syuro: Amien Rais
  • Wakil Ketua 1: MS Kaban
  • Wakil Ketua 2: Thalib Sagaf Aldjufri
  • Sekretaris: Ansufri Idrus Sambo

DPP Partai Ummat

  • ​​​​​​Ketua Umum: Ridho Rahmadi
  • Sekretaris Jenderal: Ahmad Muhadjir Sodrudin
  • Bendaraha Umum: Benny Suharto
  • Wakil Ketua Umum 1: Agung Mozin
  • Wakil Ketua Umum 2: Sugeng
  • Wakil Ketua Umum 3: Chandra Tirta Wijaya.

"Demikian, untuk lengkapnya akan kami lengkapi dalam waktu sesingkat-singkatnya. Yogyakarta, 17 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi. Atas nama Dewan Pendiri Partai Ummat, Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh," ucap salah satu kader partai menutup pengumuman kepengurusan Partai Ummat.

Amien Rais dan jajaran kader partai lain juga sempat menyanyikan Mars Partai Ummat.  

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, Berikut Susunan Pengurusnya.

Selain terkait pengurus Partai Ummat, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.