COVID-19 Meroket, Sejumlah Candi di Jawa Timur Ditutup Sampai 2 Juli
Salah satu candi di Jawa Timur (blitarkab.go.id)

Bagikan:

SURABAYA – Meroketnya kasus COVID-19 di Jawa Timur membuat Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur memutuskan untuk menutup layanan Cagar Budaya di Jawa Timur sementara.

Penutupan dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor : 4924/F.FI/TI.00.04/2/2021.

“Sudah ada surat edarannya. Kita terima surat edaran tanggal 21 Juni, tanggal 22 Juni langsung dilakukan penutupan. Semua layanan Cagar Budaya di Jawa Timur ditutup hingga 10 hari ke depan,” jelas Kepala BPCB Jawa Timur, Zakaria Kasimin, Jumat (25/6/2021).

Sejumlah Candi di Jawa Timur Tak Menerima Pengunjung

BPCB Jawa Timur belum bisa memastikan apakah ke depannya bakal ada perpanjangan karena semua jadi kebijakan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Yang jelas seluruh obyek Cagar Budaya yang memiliki juru pelihara bakal dilakukan penutupan.

“Ini masalah nasional karena kasus Covid-19 sehingga menang akan ada berkurangnya pendapatan dari tiket pengunjung, namun ini kan dikelola pemerintah bukan di kelola swasta. Jadi ini sudah tanggungjawab pemerintah, jubel dibayar gaji juga bikan dari pendapatan tiket tapi dari pemerintah,” jelasnya.

Zakaria menilai penutupan ini dilakukan demi keamanan pengunjung serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Artinya tidak berkumpul di suatu tempat sekarang menjadi bahan sorotan. Jumlah pengunjung memang menurun sejak adanya pandemi Covid-19, penutupan ini bukan hanya sekarang. Dulu pemda juga menutup, ini artinya mungkin dulu perintah pemda dan sekarang perintah pemerintah pusat,” tuturnya lagi.

Beberapa cagar budaya yang ditutup seperti di Kabupaten Mojokerto adalah Candi Brahu, Candi Wringin Lawang, Museum Trowulan, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Sumur Upas. Di Kecamatan Pacet yakni Candi Kesiman Tengah.

Sedangkan di Kecamatan Trawas yakni Pertirtaan Jolotundo, di Kecamatan Ngoro yakni Candi Brangkal dan Candi Jedong.

Selain terkait candi di Jawa Timur, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.