Anggota DPRD Jatim Bela Keluarga Haters Ayu Ting Ting, Bahkan Siap Beri Pendampingan
Ayu Ting Ting (Instagram @ayutingting92)

Bagikan:

SURABAYA – Kasus perundungan putri Ayu Ting Ting berbuntut panjang. Dimulai dari pelaporan, hingga orang tua Ayu Ting Ting ke Bojonegoro, kemudian KD yang diduga pelaku perundungan meminta maaf, kini giliran anggota DPRD Jatim, Fauzan Fuadi dari fraksi PKB mengaku siap mendampingi keluarga haters Ayu Ting Ting tersebut.

Dari pernyataannya, akun Facebok Fauzan, Minggu 8 Agustus, dia mengimbau tentang bahayanya berkomentar sembarangan di media sosial. Dia berharap warganet bisa lebih bijak dalam berkomentar. "Mulutmu harimaumu. Ayo bijak bersosmed. Ayo belajar berhati samudera," tulisnya.

Anggota DPRD Jatim Siap Beri Pendampingan

Dia berdalih, tindakan orangtua Ayu Ting Ting berlebihan dengan unggah foto KD dan keluarga di media sosial. Ibu Ayu Ting Ting, Umi Kalsum memang sempat mengunggah orangtua KD dan anaknya di akun Instagram. Video itu lantas diturunkan dari akunnya.

Umi Kulsum juga sempat meminta bantuan KBRI di Singapura untuk melacak keberadaan terguda pelaku. "semoga ada yang bisa membantu bagaimana caranya dia kartika damayanti kembali ke indonesia untuk tanggung jawab atas segala pencemaran nama baik anak dan cucu saya @kbrisingapura mohon bantuannya," tutup ibunda Ayu Ting Ting itu.

Setelah video itu diunggah, KD lantas meminta maaf secara virtual. Dia mengunggah video mengaku salah dan minta maaf.

Fauzan menyebut kejadian itu membuat orang tua KD trauma. Mereka merasa sedih, karena itulah Fauzan membela keluarga KD. Dia menepis anggapan pansos yang ditujukan pada dirinya.

"Saya hanya berusaha membantu kaum yang lemah, tidak ada maksud pansos atau yang lainnya. Buat apa pansos? Saya tidak ingin jadi artis. Tidak ingin jadi Gubernur atau Presiden," paparnya.

Dia menyebut akan mempersiapkan pengacara untuk mendampingi keluarga KD dan meminta KD tak takut pulang untuk bertanggung jawab. Bahkan fauzan menyebut KD telah bersikap kesatria.

"Dalam kasus ini, baik Kartika Damayanti (KD) atau ortu Ayu Ting Ting yang melabrak ke Kedungadem Bojonegoro, hakikatnya sama-sama tidak patut dicontoh. Bedanya, KD secara ksatria sudah mengakui kesalahannya, berjanji tidak mengulangi perbuatannya, taubat. Sementara ortu Ayu Ting Ting masih ngeyel, bahkan mengatakan orang lain berhati iblis, dajjal, mau penjarakan ortu KD sebagai jaminan agar KD pulang dan kata-kata tidak patut lainnya," tulis Fauzan.

Pernyataan Fauzan ini diunggah ulang oleh akun Instagram @haters_tandingan lantas menjadi viral. Warganet tak terima dengan pernyataan Fauzan memintanya untuk lebih proaktif melakukan mediasi, bukan cuma berbicara di media sosial.

Biaya Memulangkan KD Sangat Mahal

Terpisah, Farhat Abbas ikut buka suara juga soal orang tua Ayu Ting Ting meminta KBRI Singapura hingga aparat untuk menangkap KD. Farhat Abbas mengatakan KD pulang ke Indonesia harus mengikuti prosedur kerja dari Indonesia mau pun Singapura.

"Tapi sesehebatnya orang itu,tetap ada batas kadaluwarsa kalau 12 tahun tunggu dia balik saja. Tunggu dia balik Indonesia, mengikuti prosedur. 10 tahun itu orang balik ke Indonesia, prosedur akan terus berlanjut," katanya dikutip dari kanal YouTube Cumi Cumi pada Senin, 9 Agustus.

Apabila KD dipaksa pulang untuk Indonesia, maka keluarga Ayu Ting Ting harus membayar pihak polisi dengan fantastis. Makanya, ia tak yakin jika keluarga dari pedangdut berusia 29 tahun itu melakukannya.

"Memang untuk ekstradisi perjanjian Singapura mengembalikan orang Indonesia, memang lebih mahal hanya gegara menghina sedikit pasal 27 ayat 3 UU ITE. Polisi datang menangkap itu biayanya besar banget nggak mungkin," tuturnya.

Ayu Ting Ting pun mengaku sudah memaafkan, namun proses hukum akan terus dilanjutkan. Saat membawa acara di sebuag stasiun televisi, Ayu bahkan sempat menyindir KD untuk segera pulang dan mengikuti prosedur hukum yang berlaku.

Seperti yang diharapkan penggemarnya, Ayu Ting Ting ingin kasusnya tetap berlanjut. Pedangdut berusia 29 tahun ini paling geram ketika haters itu mengusik buah hatinya, Bilqis Khumairah Razak. Ayu Ting Ting berharap agar segala proses hukum berjalan lancar.

"Betul itu yang paling saya emosi karena dia yang paling gimana sama Bilqis ya. Jadi, kalau udah kayak gini udah jelas udah ketemu titik terangnya ya doain aja prosesnya berjalan lancar," ucap Ayu Ting Ting dikutip dari kanal YouTube Cumi Cumi.

"Iya, kita lihat aja nanti mudah mudahan prosesnya semua diperlancar. Nanti aja saya nggak bisa banyak komen," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dilema Perundungan Online Anak Ayu Ting Ting, Warganet Tak Terima Haters Dibela Anggota DPRD Jatim.

Selain terkait Anggota DPRD Jatim, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.