Mengintip Progres Perkuatan Struktur Dermaga Terminal Berlian di Tanjung Perak
Komisaris PTPP, Andi Gani Wea melakukan kunjungan ke Proyek Perkuatan Struktur Dermaga Terminal Berlian yang terletak di Tanjung Perak, Surabaya pada Rabu 20 Oktober. (Foto: Dok. PTPP)

Bagikan:

SURABAYA - Pembangunan Proyek Perkuatan Struktur Dermaga Terminal Berlian tak di Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur masih terus berlanjut. 

Terbaru, BUMN konstruksi, PT PP (Persero) Tbk, melakukan kunjungan kerja ke proyek tersebut. Dalam kunjungan dihadiri pula oleh jajaran Dewan Komisaris PTPP, yakni Andi Gani Nena Wea selaku Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen, dan Loso Judiajanto selaku Komisaris didampingi Agus Purbianto selaku Direksi Keuangan & Manajemen Risiko, Pande Ketut selaku SVP Divisi Operasi Infrastruktur II dan Yuyus Juarsa selaku SVP Corporate Secretary PTPP.

Selain itu dihadiri pula jajaran Manajemen PTPP, yang juga didampingi oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol. Akhmad Yusep Gunawan, Kapores Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Anton Elfrino Trisanto, dan Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Wahyu Hidayat.

Proyek Dermaga Terminal Berlian tak di Tanjung Perak Berjalan Lebih Cepat

Proyek ini dilaksanakan sejak bulan November 2019 selama 954 hari kalender yang direncanakan bisa selesai pada kuartal III tahun 2022 mendatang.

Hingga kuartal kedua Oktober 2021, progres keseluruhan pembangunan Struktur Dermaga Terminal Berlian sudah mencapai 75,947 persen yang ternyata targetnya lebih cepat dari perencanaan yang sebesar 74,171 persen.

Sedangkan lingkup proyek tersebut adalah pekerjaan pondasi dan substructure, pekerjaan upperstructure (fender & bollard, capping beam), dan pekerjaan finishing & arsitektur.

Pembangunan Perkuatan Struktur Dermaga Terminal Berlian ini cukup spesial karena menerapkan berbagai inovasi dan teknologi terkini. Beberapa teknologi yang diterapkan seperti implementasi BIM, penggunaan naviswork & microsoft project yang berfungsi untuk membuat jadwal pekerjaan untuk patokan produksi pekerjaan lapangan setiap harinya. Dengan begitu target dan realisasinya  di lapangan bisa berjalan sesuai jadwal.

Proyek ini juga menggunakan metode Lumion yang menjadikan visualisasi proyek terlihat nyata dan lebih jelas dalam menggambarkan urutan metode pekerjaan.

Dalam pembangunan proyek ini, manajemen proyek senantiasa mengimplementasikan HSE dimana dalam pembangunan proyek tersebut berhasil meraih zero fatality. Selain itu, proyek tersebut juga menerapkan berbagai program pencegahan dan mitigasi COVID-19, termasuk aktif dalam menggalakkan vaksinasi para pekerja.

CSR Dermaga Terminal Berlian tak di Tanjung Perak Tetap Berjalan

Tidak hanya itu, pembangunan Struktur Dermaga Berlian ini juga senantiasa menjalankan berbagai program CSR kepada masyarakat dan lingkungan sekitar proyek.

"Kami sangat mengapresiasi bahwa proyek yang dikerjakan oleh PTPP ini memiliki progress yang berjalan dengan baik terutama di masa pandemi COVID-19 ini di mana progress proyek tersebut telah terealisasi sebesar 75 persen lebih cepat dari yang direncanakan. Kami mengharapkan proyek strategis tersebut dapat diselesaikan tepat waktu," ujar Andi Gani Nena Wea

Selain mengerjakan Dermaga Berlian, PTPP juga telah berpengalaman dalam mengerjakan Dermaga atau Pelabuhan lainnya, seperti: Gilimas di Lombok, Pelabuhan Kalibaru di Tanjung Priok, Makassar New Port di Makassar, dan lain sebagainya.