Jawa Timur Respon Ajakan KKP untuk Gelar Pasar Ikan Murah Selama Ramadan
Ilustrasi Pasar Ikan Murah (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SURABAYA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk mengadakan Pasar Ikan Murah Ramadan 2021. Hal itu dilakukan sebagai salah satu jalan keluar atas naiknya harga barang kebutuhan pokok dan meningkatkan asupan protein alternatif bagi masyarakat.

"Kami mengajak pemerintah daerah untuk menggelar pasar ikan murah di wilayah masing-masing, dengan tetap menjaga protokol kesehatan," ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Artati Widiarti, dilansir dari Antara, Senin, 26 April.

UMKM Diharapkan Ikut Terlibat dalam Pasar Ikan Murah

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya telah berkirim surat ke Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan di seluruh Indonesia. Dalam suratnya ia mengungkapkan harapannya agar pemda melibatkan UMKM dan industri perikanan tanpa mengabaikan protokol kesehatan dalam pagelaran PIMR.

Ia mengklaim sudah ada beberapa daerah yang merespon adanya PIMR, yakni Kalimantan Utara yang menggelar pada 23-24 April 2021. Sedang daerah lain yang akan menyusul yakni Kepulauan Riau, Bengkulu, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.

"Dengan begitu kita berharap PIMR menjadi salah satu cara untuk memperluas akses pasar produk kelautan dan perikanan, menjaga pasokan dan kestabilan harga ikan, serta mendekatkan produk perikanan kepada masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri," tambahnya.

Artati yakin bahwa PIMR akan mendapat sambutan meriah dari masyarakat, seperti yang terjadi di Pasar Sukasari, Kota Bogor pada 21 April 2021 lalu.

Selain terkait program Pasar Ikan Murah dari KKP, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.