Sesuaikan dengan Aktivitas Anda, Begini Tips Memilih Krim Pelembab Kulit
Ilustrasi Krim Pelembab Kulit

Bagikan:

SURABAYA - Salah satu cara menjaga kecantikan dan penampilan adalah dengan memilih produk pelembab kulit yang benar. Ada banyak krim seperti body lotion dan body butter yang membantu menjaga kulit Anda. Namun, tidak semua orang mempertimbangkan aktivitas mereka. Lalu, bagaimana tips memilih krim pelembab kulit?

Mengetahui Jenis Pelembab Kulit

Aktivitas dan gaya hidup yang berbeda tentu butuh jenis pelembab yang berbeda pula. Selain itu jenis kulit yang berbeda memerlukan produk yang berbeda pula. Sebelum menentukan jenis pelembab apa yang sesuai, ketahui beda manfaat dan kandungan krim pelembab yang beredar di pasaran.

Body lotion, menurut Pooja Nagdev – ahli arometerapi, ahli kecantikan, dan pendiri Inatur- mengatakan bahwa losion lebih ringan dari body butter. Lekas menyerap dan tak meninggalkan sensasi berminyak pada kulit.

Dody lotion mengandung bahan-bahan yang disebut zat oklusif. Zat ini bekerja dengan membentuk pelindung guna mencegah hilangnya air dari kulit. Semakin sering digunakan, zat oklusif pada lotion akan terus menjaga kulit Anda tetap lembap.

Body lotion dipakai untuk menjaga kulit tidak terlalu kering. Losion juga merupakan campuran emulsi air dan oil sehingga lebih menghidrasi dan tidak lengket. Kandungan air didalamnya lebih tinggi dan beberapa diformulasi mengandung SPF yang bisa digunakan saat siang, pun malam hari.

Sementara body butter memiliki kandungan air yang lebih sedikit. Body butter biasanya mengandung cocoa butter, shea butter, minyak kelapa atau minyak nabati. Manfaatnya selain melembapkan kulit, juga meremajakan kulit kering yang hanya bisa dioleskan pada bagian yang bermasalah saja, seperti siku, bibir, tangan, kaki, dan lutut.

menggunakan Body butter untuk perawatan kulit, saran Nagdev, baiknya dioleskan pada malam hari. Mengapa? Saat tidur tubuh dalam mode perbaikan dan lebih efektif bila digunakan saat malam hari.

Menentukan Pelembab Kulit dari Aktivitas

Jika aktivitas Anda banyak di luar ruangan, gunakan sunblock sebelum keluar rumah. Bahan-bahan produk tabir surya terbagi ke dalam kategori kimia dan fisik berdasarkan sifat kerjanya. Bahan tabir surya yang bersifat kimia bekerja dengan mengubah sinar ultraviolet (UV) menjadi panas, sehingga tidak membahayakan kulit.

Pastikan memilih sunblock dengan kandungan SPF (sun protection factor) setidaknya pada angka 30. Angka SPF mengacu pada level perlindungan terhadap sinar UVB. SPF 15 dapat memblokir 93 persen UVB, SPF 30 memblokir 97 persen UVB, SPF 50 memblokir 98 persen UBV, dan SPF 100 memblokir 99 persen UV.