Doa Hujan Deras Seperti yang Diamalkan Nabi Muhammad SAW, Lengkap dengan Latin dan Artinya
Ilustrasi hujan turun (Yaroslava Borz/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Saat ini Indonesia tengah memasuki musim hujan. Cuaca ekstrem kadang datang tanpa diduga. Hujan disertai petir dan angin kencang kadang tak bisa dihindari. Agar keselamatan senantiasa terjaga, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa hujan deras.

Hujan Adalah Rezeki

Patut diketahui bahwa hujan adalah sebuah anugerah yang diturunkan oleh Allah SWT. Hal tersebut tertuang dalam firman Allah di surat Al Fushshilat ayat 39 yang artinya:

"Dan di antara tanda-tanda-Nya (ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Rasulullah SAW juga menganjurkan umat Islam untuk mengamalkan beberapa doa saat hujan turun. Harapannya, hujan tersebut dapat menjadi berkah bagi seluruh makhluk yang ada di bumi.

Jika Anda ingin mengetahuinya, berikut lafal doa saat hujan yang diamalkan baginda Rasulullah SAW.

Doa saat hujan

Allahumma shoyyiban nafi'an

Yang artinya : "Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat."

Doa tersebut merupakan doa yang diajarkan bahkan menjadi amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RadhiyAllahu 'anha  dalam hadis Bukhari nomor 1032.

Doa saat hujan turun lebat

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Yang artinya : Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

Doa ini merupakan amalan yang diajarkan oleh Syaikh Sholih As Sadlan yang dibacakan saat kita merasa hujan yang turun malah semakin lebat dan dikhawatirkan akan menimbulkan bencana.

Doa saat hujan turun cepat berhenti

“Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari”

Yang artinya : Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan." (HR Bukhari).

Doa itu merupakan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW disaat hujan yang turun begitu deras dan lama, hal tersebut pernah dialami oleh Rasulullah saat hujan turun begitu deras hingga  beberapa hari sehingga menyebabkan banyak jalan terputus, dan aktivitas ummat terbengkalai.