3 Manfaat Buah Beri untuk Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi jenis buah berry yang bermanfaat bagi kesehatan (Unsplash/Timo Volz)

Bagikan:

SURABAYA - Buah mampu menunjang kesehatan manusia. Sangat dianjurkan mengonsumsi buah agar senantiasa sehat. Salah satu yang dianjurkan adalah buah beri. Tahukah Anda manfaat buah beri untuk kesehatan dan kecantikan?

Buah beri atau berry ukurannya kecil dan teksturnya sedikit kenyal. Buah ini banyak digemari karena rasa dan khasiatnya. Berikut manfaat buah mungil tersebut.

1. Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat, umumnya tetap bisa mengonsumsi buah beri dalam jumlah sedang. Sedangkan untuk diet Mediterania, diet paleo, vegetarian, dan vegan dapat mengonsumsi buah beri dalam jumlah besar. Buah beri yang mengandung rendah kalori, bisa dimasukkan dalam makanan inti, camilan, atau makanan penutup.

2. Menekan kolesterol

Sejumlah penelitian membuktikan khasiat raspberry hitam dan stroberi bisa membantu menurunkan kolesterol pada orang yang mengalami obesitas dan memiliki sindrom metabolik. Selama 8 minggu studi dilakukan, minum jus stroberi setiap hari bisa mengalami penurunan 11 persen kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Mengurangi kerutan di kulit

Kerutan sebagai penanda usia memang tak bisa dilawan, tetapi bisa diminimalisir supaya kulit tetap segar. Buah beri bisa membantu mengurangi kerutan kulit, karena mengandung antioksidan yang menghalangi produksi kolagen. Buah beri membantu menjaga kulit tetap lembap dan kencang.

4. Meningkatkan fungsi arteri

Arteri pada jantung tidak bekerja efektif karena tekanan darah tidak terkontrol, mengalami penumpukan plak, dan pembekuan. Untuk mengurangi risiko buruk dari menurunnya fungsi arteri, terdapat sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah.

Supaya tidak mengalami inflamasi dan merusak sel endotel, dibuktikan dalam studi bahwa buah beri bisa menghambat kerusakan sel pelindung pembuluh darah. Studi dilakukan pada orang sehat, obesitas, dan orang yang merokok. Hasilnya, bagi orang yang mengalami sindrom metabolik mengalami peningkatan fungsi endotel setelah mengonsumsi blueberry setiap hari.

Disamping jenis buah beri yang disebutkan di atas, ada jenis lain yang mungkin jarang diketahui. Jenisnya antara lain cranberry, boysenberry, lingonberry, gojiberry, blackcurrant, dan gooseberry.