Rahasia Menjaga Kesehatan Otak Agar Kelak Tak Jadi Orang Pelupa
Tips menjaga kesehatan otak (Kathy Jones/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Ingatan adalah aset yang berharga. Sayangnya, ingatan akan semakin memudah seiring bertambahnya usia. Bahkan, tak jarang pula usia muda namun mulai pelupa dan kehilangan konsentrasi. Untuk menghindari hal tersebut, ada rahasia menjaga kesehatan otak.

Menjaga kesehatan otak memang sangat penting. Bahkan tak kalah penting dengan menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. 

Rahasia Menjaga Kesehatan Otak

Tak dapat dipungkiri bahwa otak adalah inti dari tubuh yang mengendalikan gerak. Anda bisa bernapas, bekerja, memukul, dan sebagainya karena kinerja otak. Karena itu mulailah menjaga kesehatan otak dari sekarang.

Max Lugavere, penulis buku Genius Food: Become Smarter, Happier, and Productive While Protecting Your Brain for Life, dilansir dari Parenting punya saran untuk menjaga otak tetap sehat. Berikut rahasianya, dikutip Rabu, 15 Desember.

Perhatikan Protein

Max mengatakan bahwa protein adalah bagian penting dari makanan pertama Anda di pagi hari, terutama setelah berolahraga. "Protein berfungsi sebagai tulang punggung neurotransmiter Anda," katanya. Di samping itu protein dapat meningkatkan kinerja otak untuk mengingat, juga membuat Anda merasa bahagia.

Rutin olahraga

“Olahraga pada dasarnya adalah penguat bagi otak,” ujar Max. Ia menambahkan bahwa olahraga tak hanya baik bagi kesehatan neurologis, namun juga untuk kesehatan mental.

Hal ini disebabkan karena saat Anda berolahraga, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk meredakan stres dan memberikan energi positif.

Tak hanya itu, olahraga juga dapat menghasilkan protein yang mempromosikan neuroplastisitas, yang sangat penting untuk fungsi kognitif dan penuaan yang sehat.

Max tak membatasi jenis olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan. Menurutnya baik itu olahraga kardio, aerobik, ataupun yoga, semuanya memiliki efek yang sama bagi otak. Lakukan saja olahraga yang Anda suka secara teratur. Iya, keteraturan dan disiplin adalah kunci!

Tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur adalah bagian penting dari kesejahteraan kita. “Ketika Anda tidur, otak Anda benar-benar membersihkan dirinya sendiri," ujar Max.

Saat Anda tidur, tubuh mengeluarkan cairan serebrospinal yang menghilangkan sisa-sisa protein dan gangguan memori.

Kekurangan tidur membuat limbah tersebut menumpuk di otak kita dan mengakibatkan penurunan kognitif. Max menegaskan bahwa  hanya karena satu malam tidur yang buruk, sudah cukup untuk memiliki efek yang merugikan. "Tidur itu penting, dan gratis!" tandas Max.

Karena itu, mulai sekarang berusahalah untuk tidak tidur terlalu larut malam, sehingga kebutuhan tidur Anda tercukupi. Jika Anda sering mengalami gangguan tidur, maka Ana perlu tahu 9 Langkah Menyempurnakan Kualitas Tidur Anda.