5 Manfaat Air Beras untuk Kulit Wajah, Sudah Pernah Coba?
Ilustrasi Air Beras (Guiyuan/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Ada banyak cara dalam melakukan perawatan kulit, baik dengan skincare pabrikan atau dengan bahan alami. Salah satu bahan yang mampu memberikan manfaat baik untuk kulit wajah adalah air beras. Ada beberapa manfaat air beras untuk kulit wajah yang ternyata tak banyak dikethui.

Di Jepang dan Korea, menggunakan air beras untuk menjaga kecantikan adalah hal wajar. Bahkan, bahan tersebut digunakan hingga generasi selanjutnya. Lalu, apa saja manfaat air beras untuk kecantikan?

Mampu Mengurangi Minyak di Wajah

Saat kulit wajah berminyak, Anda bisa menggunakan skincare khusus atau bisa pula membasuh muka dengan air beras. Setelah itu minyak bisa dipastikan berkurang. Hal itu terjadi karena efek astringent dapat membantu mengurangi minyak di wajah dan melindungi kulit dari jerawat.

Meningkatkan Kesehatan Skin Barrier

Lapisan kulit terluar atau skin barrier dikenal sebagai penghalang kulit yang dapat mencegah kulit Anda menjadi kering dan rentan terhadap gangguan kulit seperti eksim dan dermatitis atopik. Kandungan pati air beras dipercaya dapat melindungi skin barrier secara alami.

Jadi Anti-Aging

Tahukah Anda bahwa sir beras memiliki kandungan asam amino, antioksidan dan mineral yang tinggi, sehingga efektif untuk mengurangi atau memperlambat proses penuaan kulit.

Kandungan tersebut juga dipercaya dapat menghambat aktivitas elastase, enzim yang bertanggung jawab untuk penuaan kulit. Oleh karena itu, air beras dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan dapat mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Dapat Menenangkan Kulit Terbakar dan Iritasi

Wajah iritasi akibat sinar matahari seperti terbakar sinar matahari, peradangan, kemerahan dan gatal-gatal dapat dikurangi dengan mengoleskan air beras bertepung. Air beras dapat memberikan efek pendinginan dan menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

Mampu Mencerahkan Kulit

Manfaat yang bisa didapat dari air beras adalah dapat mencerahkan kulit dan membuat warna kulit menjadi merata. Kandungan di dalamnya dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sehat, bersinar dan bersih.