5 Sajian Natal dari Berbagai Negara yang Bisa dihadirkan di Meja Makan Anda
Ilustrasi sajian Natal dari berbagai negara (Unsplash/Jed Owen)

Bagikan:

SURABAYA - Tiap negara punya kebudayaan yang berbeda, khususnya saat menyambut natal. Perbedaan kebudayaan bisa dilihat dari sajian natal dari berbagai negara yang ternyata berbeda-beda. Sajian kuliner tersebut tentu berbeda dengan yang disajikan di Indonesia.

Meski tak sama, Anda bisa mencari ide menu yang bisa Anda sajikan di hari Natal 2021. Berikut 5 daftar makanan yang umum dihidangkan menemani acara keluarga.

1. Pan de pascua dari Chili

Merayakan Natal untuk warga Chili adalah momen berkumpulnya semua keluarga. Berbagai hidangan disajikan di meja, seperti sayur-sayuran, kentang, Chillean wine atau kadang juga red wine. Makanan yang dianggap sebagai tradisi dan dihidangkan di meja makan adalah 'pan de Pascua' atau disebut fruitcake.

2. Stew ayam dari Jamaika

Di Jamaika, menu makan malam utama adalah kari kambing. Beberapa juga mempunyai menu berupa daging panggang, stew ayam, san kari ayam. Beras dan kacang serta rum punch ikut serta dihidangkan.

3. Yiaprakia dari Yunani

Di wilayah utara Yunani, dilansir Taste of Home, Sabtu, 18 Desember, umum menghidangkan yiaprakia. Yiaprakia adalah gulungan kubis berisi daging babi yang diasinkan. Sedangkan di beberapa wilayah menghidangkan domba panggang pada saat makan malam ketika Natal.

Selain hidangan utama, roti manis pedesaan diisi kismis, kacang-kacangan, kapulaga dan cengkeh yang disebut christopsomo juga disajikan.

4. Stollen dari Jerman

Bagi orang Jerman, bebek panggang, angsa, atau kelinci adalah hidangan utama makan malam. Selain itu, yang paling favorit adalah pangsit kentang dan kol merah. Makanan penutupnya adalah stolen, roti manis yang mirip dengan kue buah.

5. Bunuelos dari Kolombia

Di Kolombia, saat Natal akan banyak ditemui makanan tradisional. Makanan tradisional ini disebut bunuelos. Bunuelos terbuat dari tepung jagung dan keju segar. Keju segar di Kolombia disebut queso fresco, ia akan jadi isian roti goreng tersebut. Selain bunuelos akan disajikan puding (natilla) dan pastry kering dengan rasa jeruk (hojuelas).