Meningkatkan Kepuasan Bercinta dengan Sentuhan Afektif, Bisa?
Ilustrasi cara meningkatkan kepuasan bercinta menurut studi (Unsplash/Candice Picard)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam kacamata seks edukasi, ada banyak cara untuk meningkatkan kepuasan bercinta, salah satunya adalah dengan sentuhan afektif. Berdasarkan studi, sentuhan sederhana mampu membantu meningkatkan kepuasan seksual sekaligus memperbaiki kualitas hubungan.

Studi dilakukan oleh Debrot, Meuwley, Muise, Impett, dan Schoebi pada tahun 2017. Mereka mencoba menggali bagaimana kasih sayang fisik memediasi hubungan dan berkaitan dengan aktivitas seksual serta kesejahteraan.

Meningkatkan Kepuasan Bercinta dengan Sentuhan

Sentuhan afektif atau kasih sayang fisik didefinisikan sebagai seberapa sering Anda dan pasangan saling berpegangan tangan, duduk berdekatan, sentuhan merilekskan, memeluk, dan mencium.

Mengutip Psychology Today, Senin, 20 Desember, tim studi meminta pasangan untuk melaporkan aktivitas seksual dan momen mesra dari tindakan fisik selama empat kali sehari. Berdasarkan laporan, peneliti mampu mengevakuasi mana perilaku yang potensial memengaruhi aspek lain, seperti seksualitas dan kondisi mental sejahtera.

Hasil Penelitian

Ada dua hal yang didapat dari penelitian, yang keduanya saling memengaruhi. Di satu sisi, mesra dapat meningkatkan kemungkinan pasangan untuk bercinta. Di sisi lain, bercinta meningkatkan kemesraan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Busby, Hanna-Walker, dan Leavitt pada tahun 2020, mengeksplorasi frekuensi berciuman di antara pasangan dan hubungannya dengan kualitas bercinta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih sering berciuman antara pasangan berkontribusi meningkatkan gairah bercinta, kemungkinan orgasme lebih tinggi, dan kepuasan yang lebih besar.

Cara Meningkatkan Kepuasan Bercinta

Berangkat dari dua penelitian tersebut, Jeremy Nicholson, M.S.W., Ph.D., psikolog sosial dan kepribadian yang fokus pada hubungan berpasangan, merekomendasikan untuk meningkatkan kemesraan dengan sering memberikan sentuhan afektif.

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemesraan yang disarankan oleh Nicholson seperti meluangkan waktu berdua, ciuman kecil, hingga sentuhan yang tepat pada pasangan. Hal tersebut sederhana, namun mampu mendatangkan efek yang cukup besar.