Kapan Hubungan Seksual Setelah Operasi Caesar Bisa Dilakukan? Ini Jawabannya Secara Medis
Ilustrasi pasangan bahagia (Priscilla Du Preez/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam pernikahan, hubungan seksual dilakukan dengan memperhitungkan banyak hal, salah satunya adalah didasarkan pada masa nifas. Seseorang boleh melakukan hubungan seksual setelah dengan istri setelah habis masa nifas yang biasanya durasinya 40 hari. Namun, berbeda lagi dengan hubungan seksual setelah operasi caesar yang dilakukan pasca melahirkan.

Kapan Hubungan Seksual Setelah Operasi Caesar?

Dari kacamata seks edukasi, hubungan seksual boleh dilakukan pasca melahirkan. Namun, semua kembali pada kesiapan masing-masing dengan memperhitungkan kenyamanan dan kesiapan fisik. Karena terkadang rasa nyeri masih dirasakan oleh istri.

Istri pun tahu bahwa mereka perlu waktu untuk menyembuhkan diri. Dalam kasus ibu baru, kondisi tersebut akan lebih sulit mengingat pengalaman dan jam terbang yang masih minim, belum lagi terkait dengan hormon.

Perhitungkan Jarak Kehamilan

Untuk menghindari kehamilan dini, Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk kontrasepsi, sebelum aktif untuk hubungan intim ini.

Ingat, setelah masa nifas berakhir, Anda akan segera masuk masa subur kembali. Memberi ASI eksklusif dan jadwal menstruasi yang belum waktunya tidak menjamin Anda tidak akan hamil.

Dalam parenting, penting untuk diketahui, setidaknya beri jarak 18 bulan untuk untuk kehamilan berikutnya. Semakin jauh jarak kehamilan ini semakin baik, agar luka dinding rahim memiliki waktu lebih banyak untuk pulih.