Alasan Mengapa Kebohongan Sangat Tak Dianjurkan dalam Sebuah Hubungan Percintaan
Ilustrasi berbohong dalam hubungan percintaan (Keira Burton/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam membina sebuah relationship, perlu komitmen untuk terbuka satu sama lain. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk tak melakukan kebohongan dalam sebuah hubungan percintaan. Jika dilakukan, dikhawatirkan akan menghilangkan kepercayaan yang jadi salah satu fondasi sebuah hubungan.

Kebohongan dalam Hubungan Percintaan

Merangkum Yourtango, Selasa, 28 Desember, kepercayaan adalah hal penting dari sebuah hubungan. Saat tak ada rasa percaya, berarti Anda belum siap menjalin ikatan cinta, termasuk pernikahan.

Saat Anda berbohong tentang hal-hal kecil atau membuat diri Anda terlihat lebih baik saat bercerita, bisa jadi pasangan susah percaya kepada Anda. Bahkan, saat ia tahu Anda berbohong bisa jadi semua hal yang keluar dari mulut tak dipercayai lagi.

Karena rasa percaya pasangan mulai hilang, ia tidak akan pernah tahu apa yang diharapkan dari Anda dalam hubungan tersebut. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada lagi rasa aman dalam jalinan cinta kalian. Hilangnya rasa aman dan percaya membuat seseorang jadi mudah marah dan cemburu.

Kebohongan Akan Meruntuhkan Rasa Aman

Contoh kebohongan sederhana yang paling sering dilakukan banyak orang yaitu membohongi harga barang yang dibeli. Misal, Anda berkata pada pasangan menghabiskan Rp300 ribu untuk sebuah tas baru. Padahal, harga tas sebenarnya adalah Rp500 ribu. Anda berusaha memotong label serta membuang nota pembelian agar tidak ketahuan.

Namun, seorang teman memberi tahu harga tas tersebut pada suami Anda dan kini ia jadi marah besar. Sebenarnya, penyebab kemarahan tersebut tidak terletak pada nominal uang yang Anda habiskan untuk membeli tas tapi terkait kebohongan yang Anda lakukan. 

Jangan salahkan pasangan jika ia menjadi pribadi yang mudah curiga setelah kejadian tersebut. Karena Anda telah meruntuhkan rasa aman yang ia miliki saat bersama Anda dengan kebohongan kecil tadi. Selain itu, pasangan juga mulai mempertanyakan semua yang Anda katakan. Hingga akhirnya menuduh Anda berselingkuh.