Tak Hanya Canggoh dan Higienis, Ada 4 Keuntungan Menggunakan Mesin Cuci Piring yang Akan Anda Rasakan
Ilustrasi Mesin Cuci Piring (Mohammad Esmaili/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Mencuci piring adalah bagian dari kegiatan rumah tangga yang wajar dilakukan. Meski wajar, ternyata ada beberapa orang yang menganggap cuci piring adalah hal merepotkan. Tak perlu khawatir, Anda bisa menghindari kerepotan itu dengan mesin. Ada beberapa keuntungan menggunakan mesin cuci piring yang bisa dirasakan. 

Keuntungan Menggunakan Mesin Cuci Piring

Cara menggunakan mesin cuci piring atau dishwasher cukup mudah. Anda cukup memasukkan seluruh peralatan makan kotor ke dalam mesin. Setelah itu pencet satu tombol, dan semua peralatan masak hingga makan langsung bersih tanpa perlu Anda sabuni dan bilas satu per satu.

BACA JUGA:


Selain praktis, masih ada lagi lagi alasan lain yang menjadikan mesin cuci piring jadi salah satu benda wajib punya di rumah. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini, melansir American Heritage, Senin, 17 Januari.

1. Hemat ruang

Mesin cuci piring juga membantu menghilangkan kekacauan di dapur hingga membantu Anda mencapai gaya hidup hemat ruang. Piring sering dibiarkan berserakan di baskom, memungkinkan bau yang tidak sedap dan efek  berpotensi tidak bersih. Namun, dengan mesin pencuci piring, yang harus Anda lakukan adalah memasukkan piring ke dalam mesin dan bersantai sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

2. Hemat air

Rata-rata penggunaan air untuk mencuci piring manual bisa mencapai 40 liter per hari. Sedangkan dengan mesin cuci piring, air yang dihabiskan tiap kali mencuci hanya sekitar 6,5 liter.

Jadi, mencuci dengan mesin cuci piring bisa menghemat hingga 33,5 liter air per tiap kali sesi pencucian. Ini bukan jumlah yang kecil. Jika tiap hari kamu mencuci 2 – 3 kali sesi, maka dalam seminggu kamu bisa menghemat lebih dari 400 liter air, yang artinya cukup untuk beberapa kali mandi menggunakan shower.

3. Mikroba dan kuman hilang seketika

Wastafel dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan organisme lain. Mencuci piring secara manual memungkinkan peralatan makan dan masak Anda terkena bakteri dan mikroba yang telah bersarang di wastafel. Apalagi jika Anda membiarkan piring cukup lama sebelum dicuci. Air panas yang digunakan untuk mencuci di mesin pencuci piring secara ampuh dapat membunuh kuman.

4. Hemat waktu

Mencuci piring secara manual akan terasa membosankan dan memakan waktu apalagi jika jumlah piring yang dicuci cukup banyak. Terlebih lagi, kalau Anda punya jadwal kegiatan cukup padat, mencuci piring jadi hal terakhir yang dilakukan setelah tiba di rumah. Tapi, dengan menggunakan mesin pencuci piring, hidup Anda terasa lebih mudah dan jauh menghemat waktu.

Terkait