Tips Mencegah Duduk Terlalu Lama dengan Beberapa Kebiasan Berikut
Ilustrasi efek kebanyakan duduk (Freepik)

Bagikan:

SURABAYA - Bukan rahasia lagi bahwa duduk terlalu lama bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan. Kebiasaan tersebut alangkah baiknya dihindari. Anda bisa mencobanya dengan beberapa tips mencegah duduk terlalu lama dengan beberapa kebiasaan yang bermanfaat.

Efek Negatif Duduk Terlalu Lama

Patut diketahui bahwa duduk dalam waktu lama diduga memperlambat metabolisme. Dilansir NHS, Senin, 31 Januari, metabolisme yang lambat memengaruhi kemampuan tubuh mengatur gula darah, tekanan darah, dan memecah lemak tubuh.

Menurut kardiologis, Martha Grogan, efek duduk sepanjang hari setara dengan merokok, yaitu berisiko pada kesehatan jantung. Di samping itu, kebanyakan duduk menyebabkan kaki bengkak, tulang ekor sakit, punggung sakit, susah buang air besar, dan nyeri pinggang. Hal itu tentu jadi gaya hidup yang kurang sehat.

Bukti-bukti dari efek kebanyakan duduk di atas, didasarkan pada studi observasional yang hanya menunjukkan antara duduk dan kesehatan yang buruk. Meskipun tidak menyebabkan secara langsung, untuk mengurangi risiko kesehatan buruk dari tidak aktif, disarankan untuk berolahraga secara teratur setidaknya 150 menit seminggu.

Tips Mencegah Duduk Terlalu Lama

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi waktu duduk, misalnya saat bekerja di rumah atau work from home? Berikut saran yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan lebih aktif.

1. Berdiri atau jalan ringan

Ketika waktu istirahat, atau menghubungi rekan legat gawai, pilih dengan berjalan-jalan sambil menelepon. Alasannya sama seperti sebelumnya, membantu tubuh tetap aktif dan mengurangi intensitas duduk.

2. Miliki hobi yang lebih aktif

Tukar beberapa waktu menonton televisi dengan melakukan hobi yang lebih aktif. Misalnya hobi bersepeda, berkebun, maupun menari.

3. Beri jeda dengan berdiri

Misalnya saat bekerja, beri ganjalan pada meja supaya memungkinkan Anda bekerja dengan posisi berdiri. Anda juga bisa meletakkan laptop di atas kotak atau yang serupa sehingga memotong waktu untuk duduk.

4. Jangan pilih tempat parkir terdekat

Umumnya, memilih tempat parkir paling dekat dengan destinasi tujuan. Tetapi demi mengusahakan tubuh tetap bergerak atau berjalan, pilihlah tempat parkir yang lebih jauh tetapi memungkinkan untuk diakses.

5. Berdiri saat naik kendaraan umum

Saat naik kendaraan umum, daripada duduk pilih posisi berdiri. Ini bisa membantu tidak terus-terusan duduk.

6. Gunakan tangga

Alih-alih memencet angka lalu melaju dengan lift, lebih disarankan naik tangga. Dengan naik tangga, Anda bisa lebih banyak bergerak aktif dan mencegah risiko buruk dari kebanyakan duduk.

7. Berjalan ke meja rekan alih-alih mengirim email atau menelepon

Teknologi membantu untuk mempercepat pekerjaan di satu sisi, tetapi di lain sisi, Anda jadi jarang bergerak karena memilih kirim email ke meja rekan yang hanya berjarak 10 meter. Maka jika memungkinkan diakses dengan berjalan kaki, pilih cara tersebut alih-alih mengirim email atau menelepon.

Selain tujuh cara sederhana di atas, Anda bisa melakukan peregangan ringan di kursi ketika bekerja atau menonton televisi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mencegah Efek Duduk Terlalu Lama dengan 7 Cara Sederhana.