Sering Kencing saat Malam Hari? Ada Kemungkinan Nokturia
Ilustrasi sering kencing di malam hari dan penyebab nokturia (Freepik/Jcomp)

Bagikan:

SURABAYA - Kadang kala tubuh mengirim sinyal tertentu yang menandai gejala kesehatan. Salah satunya berupa seringnya intensitas buang air kecil atau kencing pada malam hari. Aktivitas tersebut ternyata disebut dengan kokturia.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Jepang, menyatakan bahwa frekuensi kencing saat malam hari mungkin terkait dengan hipertensi dan asupan garam yang tinggi. Kebutuhan buang air kecil di malam hari sendiri disebut dengan nokturia.  Di waktu tersebut, sering kencing adalah tanda bahwa tekanan darah tinggi.

Apa Itu Nokturia?

Mengutip Medical News Today, Selasa, 8 Februari, nokturia adalah sebuah kondisi di mana orang terbangun pada malam hari karena ingin buang air kecil. Hal itu dikarenakan asupan cairan yang tinggi, gangguan tidur, dan obstruksi kandung kemih.

Biasanya, orang tanpa nokturia dapat tidur hingga 8 jam tanpa harus buang air kecil. Tetapi beberapa mungkin perlu bangun di malam hari dan masih dianggap dalam batas normal. Seseorang dengan nokturia, bisa bangun 2-6 kali pada malam hari.

Nokturia sebenarnya tidak melulu berkaitan dengan hipertensi. Kondisi lain yang ditandai dengan nokturia antara lain prolapse kandung kemih, tumor prostat, dan gangguan lain yang memengaruhi kontrol sfingter. Wanita hamil, orang dengan gagal jantung, penyakit hati, dan diabetes juga dapat mengalami nokturia.

Pengaruh usia juga berkaitan dengan nokturia. Menurut laporan dari National Sleep Foundation pada 2003, sekitar dua pertiga responden berusia 55-84 mengalami nokturia setidaknya beberapa malam per minggu.

Asupan Garam dan Nokturia

Menurut studi, mengurangi asupan garam dapat membantu mengatasi nokturia. Tim peneliti mempresentasikan hasil studinya, menemukan bahwa buang air kecil pada malam hari terkait dengan asupan garam berlebihan dan tekanan darah tinggi.

“Studi kami menunjukkan bahwa jika Anda perlu buang air kecil di malam hari –disebut nokturia- Anda mungkin mengalami peningkatan tekanan darah dan/atau kelebihan cairan dalam tubuh Anda,” terang penulis studi Dr. Satoshi Konno, dari Divisi Hipertensi di Tohoku Rosai, Rumah Sakit di Sendai, Jepang.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa asupan garam harian yang berlebihan dan hipertensi berdampak negatif pada nokturia. Kebiasaan makan, artinya perlu diperhatikan dengan cermat. Sebab kontrol asupan garam penting untuk pengobatan nokturia.

Penyakit Hipertensi di Jepang

Data hasil studi menguatkan temuan ini. Sebanyak 3.749 penduduk kota Watari mengisi kuesioner dan menunjukkan bahwa bangun di malam hari untuk buang air kecil berkaitan dengan 40 persen mengalami darah tinggi dan risiko hipertensi. Dokter Konno mengatakan bahwa hasil tersebut tidak membuktikan hubungan sebab akibat antara nokturia dan hipertensi.

Artinya, gaya hidup, asupan garam, etnis, dan latar belakang genetik juga terhitung sebagai faktor yang memengaruhi. Dokter Mutsuo Harada, koordinator konferensi pers, mengatakan bahwa deteksi dini dan pengelolaan hipertensi sangat penting. Pasalnya, rata-rata asupan garam masyarakat Jepang sekitar 10 gram per hari. Asupan ini terhitung berlebihan dan menyatakan bahwa hipertensi merupakan penyakit nasional di Jepang.

Kenali Nokturia dengan Baik

Secara spesifik bagi masyarakat umum diluar Jepang, pentung untuk mengevaluasi dan memahami penyebab nokturia. Karena tidak hanya dilatarbelakangi hipertensi dan asupan garam, maka periksa kesehatan rutin dan menyeluruh perlu dilakukan.

Barbara Casadei, profesor dan presiden European Society of Cardiology (ESC) mencatat bahwa lebih dari 1 miliar orang memiliki tekanan darah tinggi di seluruh dunia. Tekanan darah tinggi adalah penyebab global kematian dini yang dialami 10 juta kematian pada tahun 2015.

Casadei merekomendasikan untuk menjalani gaya hidup sehat, termasuk pembatasan asupan garam, makan sehat, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, olahraga teratur, mengendalikan berat badan, dan berhenti merokok.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengenal Nokturia, Frekuensi Kencing pada Malam Hari yang Berkaitan dengan Hipertensi.

Selain terkait nokturia, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.