10 Rekomendasi Tanaman Sayur yang Bisa Dipanen Setiap Tahun
Ilustrasi tanaman sayur perennial (Unsplash/Jonathan Hanna)

Bagikan:

SURABAYA - Menanam sayuran juga bagian dari hobi. Anda bisa menanamnya di kebun belakang rumah. Tak hanya mampu menghijaukan pekarangan, menanam sayur juga menguntungkan karena dapat dipanen. Ada beberapa tanaman sayur yang bisa dipanen setiap tahun, yakni tanaman parennial.

Mengenal Tanaman Sayur Perennial 

Tanaman perennial adalah tanaman yang bisa hidup bertahun-tahun, sehingga bisa dipanen tiap tahunnya. Menurut Eric Toensmeier, penulis Perennial Vegetables, tradisi berkebun dan bertani yang di Amerika Utara berawal dari dari Eropa.

Sedangkan di dataran tropis dan cenderung bersuhu hangat, tanaman yang bisa dibiakkan, diseleksi, dan dibudidayakan seperti umbi-umbian, pati, dan buah-buahan. Jenis tanaman tersebut juga termasuk dari bahan pangan manusia.

Tanaman sayur yang bersifat perennial ini banyak disukai karena mereka membutuhkan sedikit perawatan untuk tumbuh. Hanya membutuhkan peralatan tangan yang tersedia untuk pertanian, tanpa membajak dengan hewan ternak besar.

Kelebihan Menanam Perennial 

Mengutip Small Footprint Family, Rabu, 9 Februari, tanaman tahunan lebih baik kandungan nutrisinya karena mereka lebih mudah tumbuh, bermanfaat secara ekologis, dan tidak bergantung pada air serta kebutuhan perawatan lainnya.

Kelebihan dari menanam sayuran perennial antara lain sebagai berikut:

  1. Sayuran tahunan bertahan hidup melewati berbagai musim. Tanaman keras yang termasuk sebagai sayuran perennial bisa tumbuh kuat dan siap panen.
  2. Banyak sayuran perennial yang berfungsi sebagai pagar, pengendalian erosi lereng, dan memperbaiki nitrogen tanah.
  3. Tanaman sayuran yang tumbuh menahun, mereka menumbuhkan jaring makanan tanah yang sehat dan utuh termasuk menyediakan habitat bagi sejumlah besar hewan.

Ketika menanam tanaman sayur yang tumbuh menahun, selanjutnya Anda bisa ke tingkat berikutnya dan mempertimbangkan berkebun permakultur.

Tanaman Sayur yang Bisa Ditanaman di Pekarangan

Permakultur meniru ekosistem alam sehingga mendorong kemitraan antara tanaman, tanah, serangga, dan satwa liar. Tanaman sayuran perennial yang bisa ditanam di halaman belakang rumah, antara lain sebagiai berikut:

  1. Semak berry, seperti stroberi, raspberry, dan blueberry.
  2. Asparagus.
  3. Rhubharb.
  4. Kale.
  5. Kangkung.
  6. Bawang putih.
  7. Cabai.
  8. Selada air.
  9. Lovage.
  10. Ubi jalar.

Dari daftar di atas, menanam sayur perennial bisa disesuaikan dengan kondisi lahan Anda. Tanaman sayur tersebut bisa ditanam dengan kultivar khusus. Maka pilih dengan cermat bibitnya supaya mendapatkan kualitas tanaman dan hasil panen yang baik.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Ditanam di Rumah, 10 Tanaman Sayur Perennial yang Bisa Hidup Bertahun-tahun.

Selain terkait tanaman sayur, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.