Tips Menyemai Benih Sayuran Agar Tumbuh Subur dan Bisa Ditanam di Rumah
Ilustrasi tips menyemai benih sayur (iStockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Anda bisa menghias pekarangan rumah dengan sayuran. Hobi menanam sayuran tidak hanya akan memperindah pekarangan, namun mendapat keuntungan lain karena sayur bisa dipanen dan diolah. Sebelum menanamnya, ikuti tips menyemai benih sayur agar tumbuh subur. 

Menyemai benih sayur perlu dilakukan terutama Anda sebagai pemula. Anda bisa memulainya dengan mengetahui tentang bagaimana, kapan, dan benih apa yang harus disemai untuk kebun sayuran di rumah.

Menyemai benih berarti menaburkannya di tempat tepat sehingga mereka akan berkecambah. Berikut, fakta-fakta tentang menyemai benih.

1. Jaga tanah agar tetap lembap

Setelah menabur benih, Anda perlu menjaga tanahnya tetap lembap. Namun bukan basah ya. Karena tanah basah dan terlalu lembap bisa mendorong penyakit tanaman, jadi biarkan sedikit kering sebelum menyiramnya lagi.

2. Bisa dilakukan di manapun

Menebarkan benih dan membuatnya berkesempatan tumbuh menjadi kecambah, bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan.

Anda bisa memanfaatkan sepetak tanah kosong di halaman rumah. Bisa juga menyemai di nampan yang di letakkan di dalam ruangan. Banyak pemula memilih yang kedua, karena memiliki kontrol atas perkecambahan dan bisa memantau secara intensif.

3. Dilakukan sebelum memasuki musim hujan

Menabur benih sayuran, bisa dilkukan sebelum memasuki musim hujan. Setidaknya perlu menunggu satu minggu sebelum berkecambah. Kemudian menunggu hingga usia 1 bulan dan siap dipindahkan ke kebun. Jika Anda tinggal di tempat yang dingin, sayuran tertentu mungkin tidak akan punya kesempatan untuk tumbuh di luar ruangan tanpa pelindung dari suhu dingin.

Umumnya, setiap kemasan bibit sayuran atau tanaman lain akan memberikan petunjuk kapan dan bagaimana memperlakukan benih agar perkecambahan efektif.

4. Benih sayuran yang bisa disemai

Mengutip Family Handyman, Rabu, 20 April, benih apa yang ditaburkan tergantu pada preferensi pribadi. Tetapi juga perlu mempertimbangkan kepraktisan dan kondisi lingkungan, seperti suhu, lahan, dan pencahayaan. Sayuran yang bisa ditanam dengan mudah antara lain tomat, labu, mentimun, kacang panjang, cabai, hingga brokoli. Nah, untuk sayuran hijau, Anda bisa mencoba menyemai benih bayam, kenikir, hingga sawi hijau.

5. Tabur berjajar untuk memaksimalkan ruang

Sayuran jenis tertentu, misalnya bayam, benihnya bisa ditabur berjajar. Cara menyemai benih sayuran yang berjajar ini berguna untuk memaksimalkan ruang. Tetapi sebelum ditabur, buat parit kecil sedalam setengah hingga satu inci untuk menempatkan benih pada interval tertentu. Kemudian tutup dengan tanah kembali setelah ditabur benihnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Menyemai Benih Sayuran, Ketahui 5 Faktanya Berikut.

Selain terkait tips menyemai benih sayur, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.