Ingin Tanaman Sayur Tubuh Subur di Halaman Rumah? Hindari Kesalahan Pemula Ini
Ilustrasi (Lisa/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Tanaman sayur tubuh subur di halaman rumah adalah keinginan semua orang yang hobi tanaman. Meski begitu, usaha menyuburkan tanaman sayur memang bukan hal mudah. Anda bisa saja berhasil menanam, tapi bisa juga gagal dan berantakan.

Banyak hal yang harus diperhatikan untuk menanam sayur, mulai dari tanah, pupuk, bahkan kesabaran yang jadi kunci dalam merawat tanaman sayur agar bisa tumbuh subur.

Tanaman Sayur Tubuh Subur Bisa Dicapai

Langkah awal yang harus diperhatikan adalah kualitas media tanam, termasuk tanah yang harus dipastikan gembur, sehingga bibit yang ditanam tumbuh dengan baik.

Dikutip dari Womantalk dan buku Komunitas Urban Farming ala Indonesia Berkebun, Senin, 4 Oktober, berikut sejumlah poin yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tanah.

Pastikan tanah yang dipilih merupakan tanah gembur. Formula umumnya adalah campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar sama banyak yaitu 1:1:1

Gunakan bagian teratas tanah sebab bagian ini mengandung humus yang baik untuk pertumbuhan bakteri penyubur.

Jika bagian tanah teratas susah didapatkan, gunakan jenis tanah lempung atau tanah berpasir yang ada di sekitar kita. Perlu diketahui, fungsi tanah adalah sebagai perekat pupuk kandang, sekam bakar, dan air.

Khusus tanah liat, perbandingan tanah, pupuk organik, dan sekam bakar adalah 1:2:2.

Tahapan Mengolah Media Tanam

Selanjutnya, Anda bisa mulai mengikuti beberapa tahapan memproses media tanam sudah dipilih. Pertama, aduk media tanam bersama pupuk organik cair (POC) yang sudah dilarutkan dengan air. 

Siram secara rutin hingga lembap, bukan basah. Campurkan dengan daun kering acap kali menyiram. Daun akan membusuk menjadi kompos yang berfungsi pula sebagai pupuk organik.

Setiap kali selesai disiram, tutup tanah dengan terpal. Lakukan langkah siram-tutup selama tiga hari. Aduk sesekali agar sirkulasi udaranya baik.

Di langkah akhir, media tanam Anda akan terasa dingin dan muncul cacing. Media tanam siap digunakan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Tanaman Sayur di Rumah Tumbuh Subur.

Selain terkait tanaman sayur tubuh subur, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.