Ingin Melawan Penuaan Dini? Coba Pilih Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Zat Berikut Ini
Ilustrasi produk yang bantu melawan penuaan dini (Alina Krasnikova/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Salah satu cara merawat kulit adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Selain menyehatkan, produk semacam itu akan membantu Anda melawan penuaan dini. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk kandungan yang ada pada produk perawatan.

Melawan Penuaan Dini

Memilih produk perawatan kulit yang tepat akan mencegah jerawat atau masalah kulit lain. Bahkan penuaan kulit yang disebabkan karena usia, polusi, hingga gaya hidup juga bisa dihindari.

Lalu, apa saja zat yang bisa dipilih untuk membantu penuaan dini yang ada pada skincare?

1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dapat dikonsumsi maupun diaplikasikan oleh semua orang. Manfaat yang dihasilkan oleh vitamin C adalah membangkitkan produksi kolagen, mengembalikan elastisitas pada kulit, serta melawan radikal bebas akibat polusi.

Tak hanya itu, efek nyata yang dihasilkan oleh vitamin C adalah memperbaiki tekstur dan mencerahkan bagian kulit yang gelap sekaligus meratakannya.

2. Kolagen

Semakin bertambah umur, produksi kolagen pada kulit akan semakin berkurang, disitulah tanda-tanda penuaan akan terlihat. Pada dasarnya kolagen merupakan sebuah komponen dari kulit kita yang secara esensial meningkatkan kekuatan kulit serta elastisitasnya, untuk selalu terlihat halus dan lebih muda.

Bahan dasar skincare yang mengandung kolagen dapat membantu kulit Anda dalam meningkatkan produksi kolagen pada wajah. Sehingga Anda tetap memiliki kulit yang terhidrasi dan plump.

3. Hyaluronic acid

Asam hialuronat berfungsi untuk menghidrasi kulit Anda, sebab senyawa ini adalah bahan pelembab yang kuat serta mampu menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi. Salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan adalah menurunnya produksi minyak atau sebum seiring dengan bertambahnya usia.

Hyaluronic acid mampu menahan kadar air pada kulit untuk menggantikan minyak yang hilang, senyawa ini biasanya terdapat dalam toner dan juga serum.

4. SPF

SPF adalah kandungan yang sangat penting bagi semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Pada dasarnya fungsi SPF adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sinar UV yang dihasilkan matahari memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan kulit. Kasus terburuknya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Pastikan Anda tidak lupa menggunakannya, terutama saat keluar rumah.