Aturan Pakai Skincare Mengandung Retinol dan Vitamin C Boleh Dipakai Bersamaan? Ini Pendapat Ahli Kecantikan
Ilustrasi Skincare Lokal (Miriam Alonso-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam skincare, kandungan vitamin C dan retinol wajar ditemukan. Keduanya dimanfaatkan untuk mengurangi bintik hitam dan garis halus terutama di kulit wajah. Namun, kadang masih ada yang mempertanyakan aturan pakai skincare yang mengandung kedua zat tersebut secara bersamaan.

Aturan Pakai Skincare

Perlu diketahui bahwa retinol adalah bahan turunan dari vitamin A yang sering ditemukan di produk kecantikan khususnya produk anti-aging. Kandungan ini mampu memperbarui sel kulit, melindungi kolagen dengan melawan radikal bebas, dan melindungi lapisan terdalam kulit untuk mengurangi keriput, garis halus, serta meminimalisir tampilan pori-pori.

“Bukan hanya menyamarkan garis halus dan keriput, retinol juga bisa mengatasi hiperpigmentasi, jerawat, tekstur kulit, sirkulasi, dan meratakan warnanya,” ujar dermatolog Azadeh Shirazi, MD, dikutip dari Byrdie, Jumat, 12 Agustus.

Manfaat Vitamin C

Di sisi lain, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bisa melindungi kulit dengan cara menetralisir radikal bebas. Sifat antioksidan yang dimiliki vitamin C juga bisa mempercepat proses regenerasi kulit, mencerahkan bintik hitam, meningkatkan kolagen, dan memperbaiki tekstur.

Menurut dokter Shirazi, tak ada masalah jika Anda menggunakan retinol dan vitamin C secara bersamaan dalam rutinitas skincare Anda setiap hari. Pasalnya, kedua kandungan ini dianggap sebagai “pasangan serasi” dalam melawan penuaan.

Tetap Harus Hati-hati

Tetapi Anda harus berhati-hati saat menggunakan vitamin C dan retinol. Untuk menghindari risiko iritasi, Shirazi tidak menyarankan untuk menggunakannya di waktu bersamaan. Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk menggunakan vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

Todd Minars, MD seorang dermatologist memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, pakai produk satu per satu sampai kulit terbiasa, barulah coba gabungkan secara perlahan sampai kulit tidak menimbulkan efek iritasi jika keduanya dipakai bersamaan.

Kulit Wajah Lebih Halus

Menggunakan retinol dan vitamin C bersama bisa membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan tampak cerah.

“Vitamin C bisa melawan, melindungi, dan meningkatkan produksi kolagen, sedangkan retinol memperbarui sel kulit dan menstimulasi kolagen. Keduanya juga sama-sama bisa mengurangi pigmentasi dan mencerahkan warna kulit yang gelap,” ujar dr. Shirazi.

Memicu Iritasi

Jika Anda menggunakan retinol dan vitamin C sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit, salah satu efek samping yang mungkin akan dirasakan adalah iritasi, terutama bila Anda menumpuk kedua bahan ini.

Namun, iritasi bisa dicegah dengan cara memisahkan penggunaannya, yakni retinol di malam hari dan vitamin C di pagi hari. Selain memisahkan penggunaannya, Shirazi juga menekankan agar Anda lebih selektif saat memilih produk skincare mengandung vitamin C.

Sebabkan Breakout 

Skincare dengan persentase kandungan vitamin C yang terlalu tinggi bisa menyebabkan breakout pada kulit yang rentan berjerawat.

“Apabila Anda memiliki kulit mudah berjerawat dan sensitif, aku menyarankan untuk menggunakan vitamin C dengan persentase rendah, di antara lima sampai 10 persen,” tegasnya.

Saran Penggunaan

Itulah penjelasan ahli mengenai penggunaan skincare mengandung retinol dan vitamin C. Secara keseluruhan, Kawan Puan bisa memasukkan retinol dan vitamin C dalam rutinitas perawatan kulitmu, namun ada baiknya jangan menggunakan keduanya secara bersamaan untuk mencegah iritasi.