Mengenal Apa Itu Serum Wajah, Kandungan, dan Cara Menggunakannya
Ilustrasi menggunakan serum wajah (Cottonbro-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam dunia kecantikan, wanita memakan beragam cara untuk mendapatkannya. Salah satu yang kerap dipakai adalah serum. Lalu, apakah serum benar-benar mendatangkan efek baik pada wajah?

Apa Itu Serum Wajah?

Serum adalah salah satu produk skincare. Warnanya biasanya bening, berbahan dasar gel maupun cair, dan teksturnya berbeda dari pelembab yang lebih kental. Serum adalah konsentrat yang mampu melembapkan kulit lebih efektif dibandingkan dengan pelembab.

Molekul yang terdapat didalamnya mampu menembus kulit dan menghidrasi pada tingkat yang paling dalam, sementara krim yang ‘lebih berat’ lebih banyak berada di lapisan atas kulit.

Kandungan Serum Wajah

Serum dibuat memang untuk menunjang kesehatan kulit wajah, sehingga akan mendatangkan kecantikan. Kandungan serum ini yang akan menjaga kulit wajah Anda. Berikut kandungan serum wajah.

  • Mengandung antioksidan topikal termasuk vitamin A, C, dan E.
  • Biasanya juga mengandung retinol topikal dan bahan-bahan yang dapat meratakan warna kulit.
  • Jika serum dianjurkan dipakai setelah pelembab, maka fungsinya untuk  perbaikan dan menargetkan bagian tertentu, misalnya flek, keriput maupun kemerahan. 
  • Serum harus mengandung banyak antioksidan dan hidrasi, sehingga dapat memberikan dosis nutrisi yang terkonsentrasi dan dapat menembus lapisan yang paling dalam.

Cara menggunakan serum yang benar

Karena kulit setiap orang berbeda, maka untuk melihat hasil dari suatu serum yang dipakai, biasanya memerlukan waktu 4-6 minggu setelahnya. Oleskan serum ke seluruh wajah dan juga leher 2x sehari jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. 

Banyak jenis serum dengan fungsi yang berbeda-beda, apakah boleh memakainya sekaligus atau disebut multilayering serum. Setiap brand memiliki skema prosedur cara merawat wajah yang berbeda-beda. Ada juga unsur marketing gimmick dalam hal ini.  

Sebaiknya, tidak menggunakan lebih dari 2 serum dalam 1 hari, dan gunakan sesuai anjuran. Biasanya dokter akan menyarankan yang terbaik bagaimana menyingkapi dengan serum-serum yang Anda miliki. Kebanyakan menggunakan serum juga tidak berefek apa-apa. Bahkan mungkin memicu kulit sensitif. 

Retinoid dan serum lainnya dapat digunakan bersamaan, terutama jika serum yang dikombinasikan memiliki sifat menenangkan dan menghidrasi. Berhati-hatilah menggunakan serum minyak di wajah karena tidak bisa dipakai berbarengan dengan retinoid.

Selalu tambahkan serum vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulit akan membantu kulit terlihat cerah dan melindungi kulit terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. Jika vitamin C digunakan di siang hari, kombinasi yang sangat ampuh adalah dipakai bersamaan dengan UV. Tetapi jika kulit sensitif terhadap vitamin C, maka gunakan saja di malam hari.