8 Trik Dekorasi Bunga Plastik agar Terlihat Lebih Alami yang Patut Dicoba
Ilustrasi trik dekorasi bunga plastik (Engin Akyurt/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Bunga plastik masih jadi andalan dalam mendekorasi ruangan. Dengan cara itu, ruangan akan terlihat lebih natural. Namun, jika Anda tak melakukannya hati-hati, kesan imitasi justru akan sangat menonjol. Ada trik dekorasi bunga plastik yang bisa dicoba agar terlihat lebih alami.

Patut diketahui bahwa beberapa desain interior rumah yang mengusung tema Japandi dan minimalis sering menyematkan dekorasi dengan tanaman plastik. Tanaman plastik bisa dibentuk sesuai dengan aslinya. Bahkan tak jarang hobi mengoleksi bunga plastik. 

Agar terlihat nyata, berikut delapan cara mendekorasi ruangan dari tanaman plastik, melansir laman I Am Architecture Studio, Senin, 21 Februari.

Jangan Terlalu Banyak Warna

Ada banyak pilihan warna bunga plastik. Anda mungkin membayangkan jika bunga plastik warna warni akan lebih menghidupkan suasana rumah. Namun, jangan lakukan jika Anda mengharapkan kesan natural.

Lebih baik membeli beberapa tanaman plastik dengan warna bunga yang sama atau setidaknya warna yang sama karena ini akan membuat dekorasi terlihat lebih alami. Warna bunga yang serasi juga akan membuatnya terlihat lebih minimalis. Jika Anda bingung memilih warna yang tepat, sesuaikan saja dengan nuansa ruangan Anda, baik itu warna cat tembok maupun furnitur seperti sofa, gorden, dan nakas.

Oleskan Cat Kuku Bening

Batang bunga plastik biasa terbuat dari logam yang mudah berkarat. Saat logam mulai berkarat, tentu tampilannya akan terlihat tidak natural lagi. Anda bisa menyiasatinya dengan mengoleskan cat kuku warna bening pada batangnya agar karat tidak muncul.

Beri Air ke dalam Vas

Tak jarang bunga plastik diperuntukan sebagai dekorasi ruang tamu dan diletakkan di dalam vas kaca agar lebih menarik. Tentu saja Anda juga bisa melakukannya. Namun, jangan lupa mengisi air ke dalam vas. Air dalam vas membuat tampilan bunga plastik seolah-olah tampak seperti bunga hidup.

Taruh di wadah

Meletakkan tanaman plastik sebaiknya tidak digantung, meski ada jenis yang memang bisa digantung. Lebih baik jika Anda membeli tanaman plastik untuk dimasukkan ke dalam wadah. Ini akan membuatnya terlihat lebih alami.

Anda dapat memilih wadah sesuai keinginan, mulai dari pot hingga vas kaca. Sekedar saran, gunakan pot atau vas yang indah dan serasi dengan bunga plastik agar terlihat lebih menawan. Hanya saja, jangan memasukkannya ke dalam wadah besar karena akan mengurangi tingkat alaminya dan boros tempat.

Gunakan Pot dengan Bahan Alami

Ingin memperkuat kesan natural dekorasi tanaman plastik sebagai bagian interior rumah? Carilah pot yang terbuat dari bahan alami sebagai wadahnya. Anda bisa menggunakan pot yang terbuat dari bahan seperti tanah liat, rotan, atau jerami. Jangan mengesampingkan estetika dari pot berbahan alami yang Anda pilih, karena tujuan Anda adalah menghadirkan bunga plastik untuk dipajang dan mempercantik rumah Anda.

Rontokkan Kelopak Bunga

Berbeda dengan bunga hidup, tanaman plastik tentu tidak bisa mati dan rontok. Namun, tidak ada salahnya merontokkan beberapa kelopak bunga atau daun dengan sengaja untuk memperkuat kesan naturalnya. Tempatkan kelopak bunga yang jatuh di sekitar pot yang Anda tempatkan di meja ruang tamu. Dijamin, suasana interior rumah Anda terlihat lebih natural.

Pisahkan satu rangkaian agar lebih natural

Tanaman plastik biasanya dijual dalam bentuk satu batang dengan bunga yang banyak. Agar terlihat lebih alami dan mengarah ke tanaman nyata, potong tangkai bunga plastik dalam satu batang tersebut menjadi beberapa bagian. Hal ini akan membuat penataan lebih natural karena tidak terlihat terlalu rapi.

Anda dapat menggunakan pemotong kawat untuk memudahkan pemotongan antar tangkai. Jangan lupa memotong bagian bawah batang, karena di situlah biasanya Anda suka melihat potongan kawat atau logam mencuat.

Bersihkan secara teratur

Tanaman plastik cenderung lebih mudah berdebu. Hal ini karena debu menempel pada kelopak atau daun. Tentu saja, ketika debu menempel, kesan artifisial akan terlihat. Oleh karena itu, pastikan Anda lebih rajin membersihkan dan menyeka tanaman plastik di rumah agar efek alaminya tetap terjaga.

Tidak sulit bukan, menunjukkan kesan natural pada tanaman artifisial di interior rumah Anda? Jika Anda melakukan trik yang tepat seperti di atas, maka suasana alami bunga plastik sama indahnya dengan menggunakan tanaman hias asli.

Artikel ini telah tayang dengan judul 8 Trik Dekorasi Ruangan dengan Bunga Plastik agar Kelihatan Alami.