Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit yang Akan Membuat Anda Lebih Bersih dan Sehat
Ilustrasi Perawatan Kulit (Foto: Pixabay)

Bagikan:

SURABAYA - Tak bisa dipungkiri bahwa minyak zaitun punya beragam manfaat dan kegunaan, salah satunya adalah sebagai bahan perawatan kulit. Sayangnya, tak banyak orang tahu manfaat minyak zaitun untuk kulit.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Dalam laman Healthline, dikatakan bahwa sebuah studi mengungkap lemak sehat dalam buah zaitun mampu memberikan efek baik untuk kesehatan jantung hingga mencegah osteoporosis. Oleh karena itu banyak menu barat yang menggunakan zaitun dan minyak zaitun sebagai salah satu bahan panganan yang sehat.

Selain cocok untuk digunakan dalam saus salad atau tumisan sehat, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun mengandung banyak vitamin seperti A, D, E dan K yang merupakan vitamin untuk menutrisi, melembabkan dan mencegah penuaan dini.

1. Memperbaiki Jaringan Kulit

Zaitun juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet penyebab kanker kulit. Tidak hanya itu saja, minyak zaitun juga mampu melembabkan dan memerangi bakteri di kulit yang kerap menyebabkan iritasi hingga jerawat.

2. Menghapus Riasan

Minyak Zaitun bisa digunakan untuk menghapus tata rias waterproof atau tahan air, melembabkan kulit, sebagai alat bantu pijat wajah yang dapat meremajakan kulit, mengurangi parut kulit, hingga mampu melembabkan bibir. Namun meskipun berupa minyak, ada aroma kemewahan dari minyak atsiri melati dan mawar yang terbukti dapat menenangkan.

3. Menenangkan

Jika digunakan untuk minyak pijat, minyak zaitun dengan tambahan aroma bisa menenangkan dan tidak perlu repot dan khawatir ada aroma minyak usai dipijat.

Kelebihan dari minyak pijat ini adalah adanya kandungan vitamin E untuk menutrisi kulit dan efek hangat dari lemongrass serta cajuput leaf oil yang juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.

Selain itu, minyak pijat ini mudah meresap ke dalam kulit sehingga tidak ada sensasi lengket seperti minyak pijat pada umumnya.

4. Membersihkan Kotran Polusi

Untuk sabun, minyak zaitu dapat membantu membersihkan kotoran dan sisa polusi sampai ke dalam pori-pori sehingga kulit wajah akan terasa bersih dan segar. Dalam masker wajah, zaitun dapat membantu mengangkat kotoran, sisa polusi dan sel-sel kulit mati.

Artikel ini telah tayang dengan judul Buah Kecil tapi Kaya Manfaat, Ini Fungsi Zaitun untuk Kesehatan Kulit.

Terkait