4 Cara Meningkatkan Konsentrasi Agar Pekerjaan Lebih Maksimal
Ilustrasi meningkatkan konsentrasi (No Revisions/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Tahukah Anda bahwa ada tipe orang yang mampu mengerjakan pekerjaan lebih dari satu. Hal tersebut biasa disebut dengan multitasking. Sayangnya menjadi multitasking tak semudah yang dikira karena membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi pada setiap pekerjaan. Jika tidak, pekerjaan jadi tidak maksimal. Lalu, adakan cara meningkatkan konsentrasi?

Meski konsentrasi tak selalu identik dengan multitasking, Anda bisa mencoba tips dan cara meningkatkan fokus dan konsentrasi berikut ini, menyadur Mayoclinic, Rabu 23 Maret.

Rencanakan hari dengan baik

Apakah Anda tipe orang yang bangun pagi? Maka jangan sia-siakan waktu tersebut untuk membaca email. Alih-alih, gunakan kesempatan untuk menangani pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Saat sore hari, sempatkan waktu memeriksa dan membalas email masuk.

Tulis ide di kertas

Terlalu banyak hal yang perlu diingat membuat pikiran menjadi kacau. Semua urusan yang belum selesai tersebut bisa menguras energi mental Anda. Tulis apa pun yang ada di pikiran pada secarik kertas atau rekam secara digital. Ini membuat pikiran Anda lebih ringan dan mengurangi beban otak.

Kurangi distraksi

Matikan TV, letakkan ponsel, dan keluar dari akun email Anda. Tidak yakin itu akan membantu? Hilangkan screen time yang tidak penting selama dua hari dan lihat berapa banyak pekerjaan yang bisa Anda selesaikan.

Melatih otak

Keterampilan apapun yang berharga membutuhkan latihan, begitu juga dengan belajar konsentrasi. Investasikan waktu untuk menguasai ragam latihan fokus, mindfulness, atau jenis meditasi lainnya. Ini adalah cara yang bagus untuk berlatih menghalau gangguan dan meningkatkan fokus.

Artikel ini telah tayang dengan judul Lupakan Multitasking, Ini 4 Cara Tingkatkan Fokus dan Konsentrasi.

Selain terkait cara meningkatkan konsentrasi, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.