Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Mental dan Raga
Mengenal manfaat bunga telang (Tri Nguyen/istockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Bunga telang tak hanya memiliki tampilan yang indah, namun juga memiliki manfaat yang cukup besar. Bunganya berwarna biru bercorak putih. Bunga ini memiliki nama ilmiah Clitoria Ternatea. Di Indonesia sendiri, bunga telang banyak ditanaman untuk dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Hal itu wajar mengingat manfaat bunga telang cukup besar untuk kesehatan.

Manfaat Bunga Telang

Pengolahan bunga telang bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang banyak disukai adalah dengan diseduh seperti teh. Di beberapa restoran dan kafe, teh bunga telang disebut dengan blue tea. Lalu, apa saja manfaat bunga telang untuk kesehatan mental dan raga?

BACA JUGA:


Menangkan Suasana Hati

Tahukah Anda bahwa bunga telang mampu menenangkan suasana hati. Hal itu dikarenakan adanya kandungan asam palmitat yang ada pada bunga. Asam palmitat mampu menjadi antidepresan alami dan memiliki efek penghilang stress, gejala kecemasan serta depresi.

Meringankan Diabetes

Diuji dalam “Journal of Applied Pharmaceutical Science” yang menunjukkan hasil bahwa aktivitas anti-diabetes karena secara signifikan menurunkan kadar glukosa serum.

Menyembuhkan Luka

Ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengandung Antioksidan

Para ilmuwan dari penelitian International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, menyimpulkan bahwa sumber antioksidan pada bunga telang dihasilkan oleh ekstrak metanol di dalamnya. Kandungan antioksidan yang tinggi ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.

Menyehatkan Jantung

Teh bunga telang yang kaya akan antioksidan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol tinggi yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.

Artikel ini telah tayang dengan judul Punya Rupa Menawan, Ternyata Bunga Telang Simpan Banyak Manfaat Kesehatan.

Terkait