5 Tips Makan Gorengan Secara Sehat saat Buka Puasa Agar Stamina Tetap Terjaga
Tips Sehat Makan Gorengan (Anton Purnama/istockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Saat berbuka pusa, salah satu menu buka puasa favorit masyarakat Indonesia adalah gorengan. Tidak hanya enak, gorengan juga murah dan mudah ditemukan. Meski demikian, gorengan sering dianggap sebagai penyebab kolesterol tinggi hingga obesitas karena kandungan minyak berlebih yang membuat menu tersebut tak sehat. Lalu, adakah tips makan gorengan secara sehat?

Meski tak sehat, gorengan tetap bisa disantap dengan baik dan tetap sehat asal dikonsumsi sesuai porsi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut VOI bagikan rahasia sehat makan gorengan saat berbuka puasa.

Buat sendiri di rumah

Cara sehat makan gorengan untuk menu buka puasa Ramadan adalah dengan membuat gorengan sendiri di rumah. Dengan mengolah sendiri, Anda bisa mengetahui kualitas bahan dan minyak yang digunakan sebagai bahan bahan baku. Pun, proses pembuatannya juga dijamin lebih aman. Anda bisa menunggu suhu minyak benar-benar panas sebelum adonan dimasukkan. Dengan begitu, gorengan tidak akan menyerap banyak minyak.

Gorengan dengan minyak baru

Agar kualitas gorengan Anda lebih sehat, gunakan minyak baru untuk menggoreng. Minyak yang digunakan juga minyak yang hanya boleh dipakai untuk dua kali proses penggorengan. Minyak yang berwarna gelap bahkan hitam menandakan minyak tersebut berubah menjadi karsinogenik yang menumpuk kolesterol jahat. Jika ini digunakan untuk menggoreng terus menerus, masalah kesehatan seperti kolesterol hingga kanker siap menghampiri. Anda juga bisa menggunakan minyak sehat seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil untuk pilihan lebih sehat.

Tambahkan sayur

Tips lain makan gorengan dengan sehat adalah menambahkan pori sayuran yang lebih banyak. Ini bisa jadi alternatif cara agar Anda bisa konsumsi banyak sayuran dengan tekstur renyah. Selain itu, dengan banyak memasukkan sayuran, penambahan adonan tepung pun jadi lebih berkurang.

Tiris minyak dengan tisu

Saat gorengan sudah matang, beri jeda beberapa menit sebelum dikonsumsi. Tiriskan terlebih dahulu agar kandungan minyak pada gorengan berkurang. Gunakan tisu pengesat untuk menyerap minyak. Dengan begini, minyak goreng yang Anda konsumsi jadi lebih sedikit.

Kendalikan jumlah konsumsi

Semua tips di atas akan berjalan baik jika Anda mengonsumsi gorengan dalam batasan wajar. Ingat, sesuatu yang berlebihan tak pernah baik hasilnya. Melansir Health Grid, Senin, 4 April, dalam sepotong gorengan mengandung minimal satu sendok teh minyak. Padahal, batas maksimal konsumsi minyak dalam sehari adalah enam sendok teh. Berati, ada baiknya Anda membatasi asupan gorengan kurang dari enam potong dalam sehari untuk lebih sehat. 

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Tips Sehat Makan Gorengan saat Berbuka Puasa.

Selain terkait tips makan gorengan, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.