5 Manfaat Air Liur untuk Kesehatan Gigi dan Mulut yang Sebaiknya Diketahui
Ilustrasi dokter manfaat air liur di mulut (Freepik)

Bagikan:

SURABAYA - Setiap hal yang ada di dalam tubuh manusia memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing, termasuk air liur. Namun tak banyak orang tahu manfaat air liur untuk kesehatan gigi dan mulut.

Air liur ternyata menjaga mulut tetap basah. Di dalam air liur tak hanya terdapat air saja, namun mengandung sejumlah senyawa penting yang dibutuhkan tubuh dalam memproses makanan agar gigi tetap kuat.

Mengenal Air Liur

Air liur atau saliva diproduksi di kelenjar ludah yang berada di dalam setiap pipi, bawah mulut, dan dekat tulang rahang. Ada enam kelenjar ludah utama dan ratusan kelenjar ludah kecil. Kelenjar tersebut memproduksi air liur sebelum bergerak melalui tabung yang disebut saluran air liur.

Tak banyak yang tahu pula bahwa pada umumnya tubuh membuat 2-4 liter air liur sehari. Dilansir WebMD, Senin, 11 April, air liur paling banyak diproduksi pada sore hari dan paling sedikit di malam hari.

Risiko Mulut Kering

Meskipun produksi air liur pada setiap orang berbeda-beda sebab dipengaruhi kondisi tubuh keseluruhan. Tetapi terlalu sedikit air liur mulut akan terasa kering atau disebut xerostomia. Pada kondisi mulut yang kering, bisa menyebabkan gusi, lidah, dan jaringan lain di dalam mulut bengkak. Kuman akan berkembang biak dan menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.

Mulut kering juga membuat seseorang berkemungkinan mengalami kerusakan gigi dan penyakit gusi. Ini karena air liur membantu membersihkan partikel makanan dari gigi dan mengurangi risiko gigi berlubang.

Orang dewasa yang lebih tua lebih banyak yang mengalami mulut kering. Selain itu, penyakit sistemik juga memengaruhi, ditambah gizi buruk dan mengonsumsi obat jenis tertentu.

Gaya Hidup dan Jumlah Saliva 

Gaya hidup juga memengaruhi jumlah produksi saliva lho. Seperti kurang minum hingga mengalami dehidrasi, merokok, dan respons stres fight-or-flight.

Kebanyakan produksi air liur, tak jadi masalah. Biasanya air liur lebih banyak diproduksi ketika makan pedas dan ketika Anda memiliki masalah menelan. Tetapi jika mengalaminya sepanjang waktu, disarankan untuk periksa ke dokter. Karena mungkin merupakan efek samping dari pengobatan atau akibat dari kondisi medis.

Manfaat Air Liur

Nah, manfaat dari air liur ternyata tak bisa disepelekan. Air liur penting karena memiliki peran bagi kondisi mulut dan gigi sebagai berikut:

  1. Menjaga mulut tetap lembap dan terasa nyaman.
  2. Membantu Anda mengunyah, merasakan, dan menelan.
  3. Melawan kuman di mulut Anda dan mencegah bau mulut.
  4. Memiliki protein dan mineral yang melindungi email gigi, mencegah kerusakan gigi, dan penyakit gusi.
  5. Menjaga gigi palsu tetap di tempatnya.

Itulah kelima peran air liur bagi mulut dan gigi. Lantas bagaimana jika produksi saliva terlalu sedikit dan terasa tidak nyaman? Jika mengalaminya, disarankan minum banyak air, kunyah permen karet atau permen biasa namun bebas gula.

Apabila mengalaminya secara berkepanjangan, konsultasikan pada dokter atau dokter gigi Anda supaya mendapatkan solusi dari masalah tersebut.