Tips Parenting: Begini Cara Memberi Stimulasi Bayi agar Mau Merangkak yang Bisa Dilakukan Orang Tua
Ilustrasi bayi 7 bulan belum bisa merangkak (Unsplash/Yuri Tasso)

Bagikan:

SURABAYA - Bayi melalui banyak tahap sebelum akhirnya bisa berjalan secara mandiri. Salah satu tahapan yang harus dilalui adalah merangkan dari satu tempat ke tempat lain. Sayangnya tak semua bayi bisa melalui proses tersebut. Agar proses rangkak pada bayi berlangsung secara cepat dan alami, orang tua bisa melakukan tips parenting dengan memberi stimulasi bayi agar mereka mau merangkak.

Mengutip Pathways, ada stimulasi tertentu yang ternyata bisa menjadi pancingan dan bantuan kepada buah hati agar merangkak yang bisa jadi bekal pengetahuan bagi orang tua, yakni sebagai berikut.

Beri stimulasi di perut

Dikenal dengan tummy time, adalah langkah untuk mengembangkan otot inti, leher, punggung, bahu, dan lengan. Cara ini dilakukan dengan memposisikan tengkurap mulai dari usia 3 bulan. Ketika baru lahir, bisa dilakukan selama beberapa menit dan bisa ditingkatkan waktu setiap sesinya.

Praktikkan push-up

Anda bisa turun ke lantai dan mempraktikkan push-up. Dengan begitu si kecil melihat Anda dan mulai mengimitasi mengangkat tubuh di atas lengan. Anda juga bisa membantu mereka dengan memberikan dukungan di bawah dada.

Ajarkan gerakan lutut dan tangan

Misalnya dengan gerakan mendayung dan berbaris untuk membantu mereka menyeimbangkan posisi. Anda bisa memutar musik agar si kecil bisa mengikuti ritme goyang dan menyanyi supaya suasana hatinya senang.

Tempatkan mainan di luar jangkauan

Saat bayi bersiap merangkak dan merayap, letakkan mainan mereka di luar jangkauan. Seperti di sofa atau di atas meja bermain. Ini bisa mendorong bayi untuk melihat ke atas, mengangkat kepala, dan mendorong lengan ke atas dengan tangan serta lutut mereka.

Rangsang dengan mainan favoritnya

Gunakan mainan yang bergerak, seperti mobil atau jenis mainan lain yang memiliki roda. Saat mereka semakin dekat dengan mainan, pindahkan sedikit lebih jauh sampai mereka terdorong untuk merangkak atau merayap menuju mainan tersebut.

Setiap kali si kecil bergerak dan berupaya mendapatkan mainan tersebut secara mandiri, beri ia hadiah atas upayanya. Itulah fakta, tahapan, dan cara memberi stimulasi supaya si kecil merangkak dan bergerak secara mandiri.

Artikel ini telah tayang dengan judul Normalkah Bayi 7 Bulan Belum Bisa Merangkak? Ketahui Fakta dan Tahapannya.

Selain terkait tips parenting, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.