Cara Kerja Motivasi yang Bisa Pengaruhi Aktivitas Manusia jadi Makin Semangat
Memahami cara kerja motivasi (Pexels/Niko Twisty)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam beraktivitas, manusia tak hanya butuh tenaga, namun juga butuh motivasi yang membantu memberikan dorongan kepada seseorang dari dalam diri untuk mencapai sebuah tujuan. Dari kacamata psikologi, cara kerja motivasi ternyata cukup unik. Lalu, bagaimana cara kerja motivasi yang muncul dari dalam diri seseorang?

Cara Kerja Motivasi

Nir Eyal dilansir Psychology Today, Rabu, 15 April, menjelaskan bahwa motivasi datang bisa seperti angin. Ia bisa datang dan pergi begitu saja. Namun efek yang ditimbulkan cukup besar. Sebaliknya, kemunculan demotivasi akan membuat Anda jadi ogah bergerak.

Sedangkan dari sudut pandang biologi, Eyal mengemukakan bahwa motivasi berasal dari ‘gerakan’ yang difasilitasi otak. Sebuah studi tentang air tawar, menemukan bahwa makhluk ini dapat membuat keputusan yang rumit dengan dua sel otaknya. Satu sel untuk merasakan keberadaan makanan dan sel lainnya memberitahu apakah lapar atau tidak. Jika lapar, maka mereka akan ‘bergerak’ menuju makanan walaupun sangat lambat.

Sel otak yang lebih kompleks pada hewan misalnya, disebut psikolog memiliki stimulus untuk menjauhi hal-hal yang dirasa tidak nyaman.

Misalnya pada beruang dan burung yang meninggalkan rasa beku musim dingin dengan hibernasi di gua yang hangat. Ternyata ini sama terjadi pada manusia, ketika merasa tidak nyaman karena mantel, maka dorongan gerak untuk melepasnya dilakukan.

Motivasi dan Kenyamanan

Rasa tidak nyaman, ternyata melahirkan daya bernama motivasi untuk mendorong seseorang melakukan sebuah tindakan tertentu. Motivasi adalah keinginan untuk melepaskan diri dari ketidaknyamanan.

Jika berdasarkan telusur evolusi, otak manusia mirip dengan otak siput. Kita termotivasi untuk memulihkan diri dari ketidaknyamanan. Bahkan, keinginan adalah bentuk ketidaknyamanannya sendiri.

Ini berarti bahwa ketika seseorang merasa tidak nyaman, ia akan ‘melarikan diri’ dari ketidaknyamanan dengan cara tidak sehat atau menjadi tidak produktif.

Cara Mengelola Kenyamanan

Setelah mengatahui dari mana datangnya motivasi, bagaimana cara mengelola supaya ketidaknyamanan tidak mengarah ke demotivasi tetapi sebaliknya. Saran Eyal, kita harus menyadari bahwa ketidaknyamanan tidak selalu buruk. Cobalah berpikir bahwa rasa tidak nyaman bisa jadi bahan bakar untuk mendorong kita maju.

Nah, setelah menyadari keberadaan tidak nyaman, persiapkan diri untuk yang akan dilakukan setelahnya. Misalnya memakai pola hitungan 10 menit mulai. Atau waktu yang memungkinkan untuk Anda sementara waktu menunda produktif.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pernah Hilang Semangat untuk Beraktivitas? Kenali dari Mana Datangnya Motivasi.

Selain terkait cara kerja motivasi, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.