Cari Skincare untuk Kulit Berminyak? Lebih Baik Hindari Kandungan Berikut Ini
Ilustrasi skincare untuk kulit berminyak (Lordn/Istockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Dalam memilih skincare untuk kulit berminyak, Anda disarankan untuk memilih produk yang tidak mengandung bahan tertentu. Hal itu dilakukan agar mendapat hasil yang maksimal. 

Skincare untuk Kulit Berminyak

Patut diketahui bahwa kulit berminyak lebih rentan mengalami infeksi dan mudah berjerawat, sehingga perawatan kulit harus lebih hati-hati. Oleh karenanya, saat memilih skincare Anda harus tahu apa saja kandungan yang harus dihindari untuk kulit berminyak.

1. Pewarna sintetis

Semua orang menyukai semburat warna tetapi kosmetik seperti lipstik dan blush on mengandung pewarna buatan yang terbuat dari petroleum dan coal tar.

Meskipun terlihat baik pada sebagian orang, namun bagi mereka yang memiliki kulit berminyak menjadi rentan berjerawat. Sebagai gantinya, cobalah produk kecantikan yang terbuat dari warna alami dan organik.

2. Alkohol

Produk skincare berbasis alkohol, seperti toner memang dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit, namun bila digunakan secara berlebihan, justru bisa mengiritasi kulit. Sebab kulit yang terlalu kering bisa mengganggu penghalang kulit dan menyebabkan peradangan.

3. Silikon

Silikon banyak digunakan pada produk-produk makeup seperti bedak atau foundation. Sayangnya, produk yang mengandung silikon hanya mempercantik riasan Anda saja. Sebaliknya, silikon bisa menutup dan menyumbat pori-pori di wajah Anda.

4. Minyak alami

Penggunaan minyak alami tidak memberikan hasil yang baik di semua jenis kulit, sebab ada beberapa diantara natural oil yang dapat menyumbat pori-pori.

Terutama minyak yang memiliki kandungan oleat yang tinggi, seperti minyak kelapa, camellia, dan kemiri. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak lebih aman bila menggunakan natural oil dengan kandungan linoleat yang tinggi, seperti rosehip oil dan primrose oil.