Mengenal Fenomena Perasaan Benci Diri Sendiri dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi perasaan benci diri sendiri (Eternal Happiness/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Perasaan benci diri sendiri ternyata dialami oleh sebagian orang. Pemicunya bisa beragam, mulai dari kegagalan hingga kejadian masa lalu yang kurang mengenakkan. Jika Anda mengalami hal demikian maka bisa jadi Anda tengah menghadapi, dalam istilah psikologi, Self-Loathing.

Mengenal Perasaan Benci Diri Sendiri

Perasaan benci diri sendiri atau self-Loathing bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Sedangkan pemicunya bisa berasal dari banyak faktor seperti trauma masa lalu, perfeksionisme, terjebak harapan palsu, hingga tidak mendapat dukungan dari lingkungan sosial, kerabat, bahkan keluarga.

Harus diketahui bahwa hidup dengan perasaan membenci diri sendiri akan sangat melelahkan. Bahkan bisa berujung pada gangguan kesehatan mental.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menenangkan perang batin dan pikiran negatif dengan cara yang positif. Melansir Verywellmind, Selasa, 31 Mei, setidaknya ada empat cara mengatasi Self-Loathing.

1. Bersikap tenang

Saat merasakan Self-Loathing, batin serasa tak pernah berhenti berdialog untuk membenci diri sendiri. Saat suara-suara kebencian muncul dalam pikiran, coba tenangkan diri dan perlahan membedakan antara perasaan dan fakta.

2. Mulailah menerima pujian

Jika Anda memandang diri Anda dengan cara yang penuh kebencian, maka besar kemungkinan untuk sulit menerima pujian. Bahkan pujian pun mungkin terasa asing dan tidak nyaman sehingga Anda akan mengabaikannya atau meminimalkannya untuk menghindari perasaan rentan.

Mempelajari cara menerima pujian membutuhkan usaha besar terutama bagi mereka yang terlanjur membenci diri sendiri. Lain kali jika seseorang memuji Anda, coba ucapkan "terima kasih". Tahan keinginan untuk menindaklanjutinya dengan kritik diri atau tanggapan yang meremehkan.

3. Himpun kekuatan

Mengidentifikasi kekuatan Anda dapat membantu meredakan kebencian terhadap diri sendiri.

Jika Anda merasa sulit untuk memikirkannya sendiri, pertimbangkan untuk meminta bantuan orang lain. Karena, menilai diri sendiri terkadang lebih sudah dibandingkan dilakukan oleh orang lain.

4. Memaafkan diri sendiri

Anda harus bisa belajar memaafkan diri sendiri dan menyadari bahwa apa yang terjadi dan harapkan tidak selalu membuahkan hasil seperti apa yang dikehendaki. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa mendatangi tenaga profesional.

Namun yang paling penting dari semua yang Anda lalui adalah sebuah proses yang akan memberikan banyak keuntungan apabila Anda melihatnya dari sudut pandang positif, dan akan menjadi negatif apabila Anda melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.