Cara Mengubah Warna Bunga Bokor Agar Makin Cantik dan Variatif
Cara mengubah warna bunga bokor (Unsplash/Josefin)

Bagikan:

SURABAYA - Jika Anda hobi tanaman hias tentu tak asing dengan bunga bokor atau hydrangea. Bunga ini cukup unik karena daunnya beracun dan warna bunga bisa berubah-ubah secara alamiah. Ada cara mengubah warna bunga bokor agar makin cantik.

Cara Mengubah Warna Bunga Bokor

Tahukah Anda bahwa warna bunga hydrangea bisa diubah dengan mengatur keasaman tanah. Pengubahan juga tak bisa dilakukan secara instan dan membutuhkan waktu yang relatif panjang hingga berbulan-bulan. Warna bunga juga baru bisa diubah saat usia bunga telah 2 tahun.

Untuk mengubah bunga berwarna biru menjadi merah muda akan lebih mudah daripada merah muda menjadi biru. Hydrangea berdaun lebar, bisa berubah berdasarkan pH tanah.

Idealnya, tanah asam dengan pH kurang dari 5,5 menghasilkan bunga warna biru. Sedangkan Ph 6,0 menghasilkan bunga merah muda. Untuk warna putih, tidak dipengaruhi oleh tingkat kelembapan tanah. Apabila Anda ingin hortensia berwarna ungu, bisa mengatur pH media tanam dengan pH 5,5 hingga 6,5.

Dengan Bubuk Kopi

Mengubah pH tanah bisa juga dengan memanfaatkan sisa bahan minuman di dapur. Salah satunya kopi, dilansir Garden Design, beberapa tukang kebun melaporkan keberhasilan mengubah hydrangea menjadi biru dengan memberikan bubuk kopi ke media tanam.

Bubuk kopi, bisa membuat tanah lebih asam dan memungkinkan tanaman yang melambangkan cinta ini lebih mudah menyerap aluminium.

Sebaliknya, jika ingin mengubah warna dari biru ke merah muda, bisa menambahkan kulit telur. Kulit telur bermanfaat mengurangi keasaman tanah sehingga lebih sulit menyerap aluminium.