4 Tips Merawat Bunga Bokor Agar Warnanya Tetap Indah dan Tumbuh Subur di Pekarangan
Ilustrasi tips merawat bunga bokor (Unsplash/Josefin)

Bagikan:

SURABAYA - Di kalangan hobi tanaman, bunga bokor atau hydrangea dikenal sebagai bunga berkarakter unik. Pasalnya, selain daunnya yang beracun, bunga ini bisa diubah dengan mengukur keasaman tanah. Selain itu Anda juga harus tahu tips merawat bunga bokor.

Mengenal Bunga Bokor

Tak sampai situ saja keunikan bunga bokor. Tanaman yang yang memiliki nama famili Hydrangeaceae  ini mencakup 900 tanaman dengan 20 spesies berbeda, serta 200 kultivar berbeda.

Sedangkan spesies yang paling mudah dijumpai menghias kebun halaman rumah adalah Bigleaf Hydrangea atau Hydrangea macrophylla.

Bunga hortensia tidak selalu menghasilkan biji. Sebagian besar, kelopaknya jatuh ketika penyerbukan dan kemudian menghasilkan biji. Warna bunganya beragam, tergantung jumlah aluminium dalam tanah.

Umumnya berwarna merah, ungu, atau merah muda. Nah, jumlah aluminium dalam tanah ditentukan oleh tingkat keasaman tanah.

Tips Merawat Bunga Bokor

Sebagian besar varietas hydrangea berasal dari Asia. Sedangkan beberapa spesies berasal dari Amerika Utara. Begini cara mudah merawat hortensia di halaman rumah.

1. Subur di tanah berkelembapan seimbang

Kebanyakan hydrangea tumbuh subur di tanah yang ditambahkan kompos untuk memperkaya nutrisi media tanam. Umumnya, tanaman ini menyukai sinar matahari parsial dan terhindari dari panasnya terik siang. Tetapi beberapa varietas tetap bisa toleran dengan sinar matahari penuh.

2. Disiram cukup air

Hortensia menyerap air lebih banyak. Maka, perlu disiram secara cukup tetapi jangan sampai terlalu lembap ataupun terlalu kering. Setidaknya, ketika berusia satu hingga dua tahun pertama membutuhkan lebih banyak air. Mengutip laman Almanac, menyiram hydrangea idealnya tiga kali seminggu.

3. Dipupuk tiga kali setahun

Tanaman hydrangea dengan daun lebih besar, perlu dipupuk setidaknya pada bulan Maret, Mei, dan Juni. Sedangkan hydrangea malai cukup dipupuk dua kali saja dalam setahun. Tepatnya pada bulan April dan juni.

4. Perlindungan pada musim dengan kelembapan rendah

Beberapa bahan bisa membantu menjaga keseimbangan media tanam hydrangea. Seperti mulsa kulit kayu, daun, daun pinus, atau jerami. Anda bisa menutup seluruh permukaan tanah dengan salah satu bahan tersebut.