Suplemen Kesehatan Wanita Usia 30-an Agar Tubuh Tetap Bugar
Ilustrasi suplemen kesehatan wanita (Simone Van Der Koelen/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan suplemen. Hal ini berlaku juga untuk wanita yang usianya 30-an. Agar terus bugar, Anda bisa mengonsumsi suplemen penunjang kesehatan wanita.

Kebutuhan nutrisi wanita lebih besar dibanding pria. Kebutuhan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Oleh karenanya, vitamin dan minera, serta ditunjang dengan makanan sehat dan olahraga sangat dianjurkan. Tapi, jika asupan makanan dirasa masih kurang, Anda disarankan mengonsumsi suplemen vitamin.

Suplemen Penunjang Kesehatan Wanita

Melansir Times Now News, Senin, 20 Juni, Rajeswari Shetty, Kepala Dietetika Rumah Sakit SL Raheja Mahim - A Fortis Associate  dari Mumbai, India  mengatakan sangat penting bagi wanita berusia 30-an untuk memberikan perhatian penuh saat memilih suplemen vitamin. 

Vitamin dan suplemen dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan wanita usia 30-an, mulai dari mencegah anemia saat haid atau melahirkan, serta keseimbangan hormon. Tapi tetap harus berhati-hati tentang penggunaannya, berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Berikut suplemen yang baik dikonsumsi wanita usia 30an.

Vitamin B untuk suasana hati

Berbagai kelompok vitamin B merupakan faktor pendukung yang penting untuk tubuh. Vitamin B tidak hanya menjadi sumber energi, tapi juga sangat penting untuk mengangkat suasana hati dan mencegah depresi.

Vitamin B atau Asam folat ini juga penting bagi wanita yang merencanakan kehamilan dan mereka yang sedang hamil. Vitamin B bertindak sebagai bahan penting dalam vitamin prenatal.

Vitamin C dan Vitamin E untuk antioksidan

Vitamin C dan E adalah antioksidan yang hebat dan membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C mendukung sistem kekebalan dan membuat kulit awet muda karena mendorong pembentukan kolagen. Vitamin C juga membantu menyerap zat besi. 

Vitamin C dan E mengandung sifat antioksidan karena itu banyak orang juga mengoleskan minyak vitamin E pada luka kulit untuk membantu mencegah bekas luka atau mempercepat proses penyembuhan.

Kalsium dan Vitamin D untuk kesehatan tulang

Vitamin D adalah vitamin penting bagi wanita di usia 30-an. Berperan penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan, vitamin D sangat mendukung kesehatan tulang. Asupan vitamin D bersama dengan kalsium akan menjaga kesehatan tulang.

Sebenarnya vitamin D tersedia di alam dan mudah kita dapatkan, apalagi kita hidup di negeri tropis, di mana matahari bersinar sepanjang hari.

Sinar matahari menghasilkan sinar UV yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat sinar matahari dan vitamin D?

Berbagai penelitian menganjurkan untuk berjemur selama 15 menit sebelum pukul 10.00, setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Namun, jika Anda lebih banyak berkegiatan di dalam ruang. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D yang kini banyak di pasaran.