Mengenal 5 Jenis Daging Steak yang Terkenal Lengkap dengan Perbedaannya
Ilustrasi jenis daging steak (Kasumi Loffler/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Olahan steak banyak digemari. Sajian kuliner yang terbuat dari daging sapi pilihan itu diolah dengan cara dipanggang. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda bisa mengenal beberapa jenis daging steak yang terkenal dan kenali perbedaannya. 

Mengenal Jenis Daging Steak

Daging steak diambil dari bagian sapi tertentu yang benar-benar dipilih. Agar tak salah pilih, kenali perbedaannya yang diketahui, melansir HighEnd, Senin, 11 Juli.

1. Sirloin

Anda tentu sudah tidak asing mendengar jenis daging steak yang satu ini. Daging sirloin merupakan daging yang terletak di bawah iga dan di bagian luar dari bagian daging tenderloin. Memiliki harga yang tergolong murah, jenis daging sirloin ini memiliki rasa yang cukup gurih dan juicy namun sedikit bertekstur keras.

2. Rib eye

Rib eye adalah jenis daging steak yang paling banyak digemari. Rib eye merupakan potongan tengah tulang rusuk dan biasanya memiliki lemak paling banyak. Rib eye punya tekstur lebih tebal, sehingga tidak disarankan untuk dimasak terlalu lama. Anda hanya membutuhkan garam dan merica untuk memarinasi bagian rib eye.

3. Filet Mignon 

Filet mignon adalah potongan steak yang banyak dicari karena sangat empuk. Potongan steak filet mignon adalah bagian akhir dari tenderloin pada sapi. Maka tak heran jika filet mignon punya nama lain tenderloin.

Karena tak mengandung banyak lemak, maka jenis steak ini tak punya cita rasa khas. Untuk mendapatkan hasil terbaik, masak tenderloin tidak lebih dari medium-rare dan pasangkan dengan saus untuk menghasilkan rasa.

4. Wagyu

Salah satu jenis daging dari sapi Jepang ini memiliki warna yang lebih putih dibandingkan daging sapi lainnya. Wagyu memiliki lemak dan marbling yang baik dan jauh lebih berlimpah ketimbah daging sapi lain, hal ini membuat daging wagyu memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang lembut serta juicy. Kualitas dan cita rasanya yang mewah membuat daging wagyu ini dibandrol dengan harga yang tinggi di pasaran.

5. T-Bone

Seperti namanya, daging jenis ini memiliki bentuk tulang seperti huruf T yang dilapisi oleh daging. Biasa disebut porterhouse, T-bone berasal dari ujung tebal pinggang pendek sapi yang masih menyisakan tulang T-bone dan memiliki potongan yang lebih besar dari steak pada umumnya.