Sejarah Rengginang: Camilan yang Sering Diwadah di Kaleng Roti Khong Guang saat Lebaran
Sejarah Rengginang Camilan yang Sering Diwadah di Kaleng Roti Khong Guang (id.wikipedia.org)

Bagikan:

SURABAYA – Siapa tak mengakui bahwa rengginang adalah camilan yang cukup legendaris. Tak hanya di dunia kuliner, rengginang juga kerap lalu lalang menjadi meme. Rangginang sering dipasangkan dengan kaleng Khong Guan. Di luar hal tersebut, bagaimana sejarah rengginang?

Simpang Siur Sejarah Rengginang

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa rengginang berasal dari Betawi. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa makanan tersebut asalnya dari Jawa Barat dan Banten.

BACA JUGA:


Rengginang semula diciptakan dengan bahan dasar tapai ketan. Namun suatu terjadi kesulitan bahan baku ragi yang jadi elemen penting dalam pembuatan rengginang. Sebagai gantinya, beras ketan yang terlanjur dikukus kemudian dibentuk bulat kecil lalu dijemur. Setelah kering mereka menggorengnya.

Rasanya yang renyah dan gurih ternyata mendapat tempat di hati masyarakat. Sejak saat itu rengginang beredar luas di masyarakat.

Masyarakat Betawi juga memiliki kedekatan dengan makanan rengginang. Bahkan, makanan yang sama juga populer di Sumatera, khususnya Payakumbuh, hingga Jawa Tengah. Tak bisa dipastikan dari mana asal-usul rengginang, namun, makanan tersebut sangat identik dengan kesederhanaan masyarakat Indonesia.

Selain terkait sejarah rengginang di Indonesia, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.