5 Tanaman Penghias Kamar Tidur yang Mudah Dirawat dan Bantu Sirkulasi Energi Ruangan Lebih Baik
Ilustrasi tanaman untuk kamar tidur yang mudah dirawat (Pexels/Max Vakhtbovych)

Bagikan:

SURABAY – Berdasarkan tips feng shui, meletakkan tanaman di kamar tidur memperbaiki sirkulasi energi. Bahkan, tanaman dalam kamar tidur bisa memenderkan energi positif, terutama jika seimbang komposisinya dengan pencahayaan ruangan.

Nah, untuk membuat kamar tidur Anda terasa adem, sejuk, dan tentram, 5 tanaman yang mudah perawatannya di bawah ini bisa jadi list buat dekorasi.

Nanolina atau ponytail palm

Tanaman ini ukurannya kecil sehingga bisa diletakkan di depan jendela atau di pojok kamar. Tanaman ini tergolong kuat dan berdaun hijau menyala yang bisa hidup pada kondisi sedikit kering. Artinya, enggak mati jika disiram dua hari sekali.

Sirih gading atau golden pothos

Tumbuhan merambat, sirih gading, bisa ditanam di dalam ruangan. Media tanamnya bisa tanah atau air. Untuk media tanam air, pilih pot atau botol kaca yang berbentuk unik agar lebih dekoratif. Dengan media tanam air, tidak perlu mengingat kapan terakhir menyiram.

Tapi butuh diamati, jika air menyusut saatnya menambahkan volume airnya lagi. Sedangkan untuk media tanam tanah, pilih tanah yang lembab. Kemudian campur dengan pupuk organik atau arang. Unsur dekoratif bisa menghias permukaan tanah dalam pot dengan bebatuan warna-warni.

Meski sirih gading tahan hidup tanpa sinar matahari, perlu juga menjemurnya sekali atau dua dalam satu minggu. Sebab tanpa paparan matahari, pertumbuhan daunnya lebih lambat.

Monstera deliciosa

Meskipun pernah dikabarkan bahwa tanaman ini beracun, tapi ia mampu mengurangi kelembapan udara. Jadi, jika ukuran kamar tidur terbatas dan tingkat kelembapannya tinggi, tak ada salahnya menanam monstera deliciosa disana.

Anda bisa memilih ukuran yang sesuai dengan besaran ruangan, artinya tak perlu memilih yang ukurannya besar. Media tanam paling baik digunakan untuk monstrera adalah campuran pasir dan kompos.

Jangan lupa untuk menyiram dan memberi nutrisi dengan dijemur matahari. Intensitas penyiraman cukup sehari sekali dan gemburkan tanahnya dua kali seminggu.

Beringin karet atau rubber tree

Tanaman ini daunnya lebar-lebar, baik tumbuh di cahaya ruangan yang terang. Perawatannya hanya perlu disiram rutin sebanyak sekali sehari apabila outdoor dan jika indoor hanya disiram saat tanahnya mulai mengering supaya tidak busuk akarnya.

Untuk ditanam di dalam kamar tidur, bisa dalam pot berdiameter 20 sentimeter. Agar tidak cepat tumbuh meninggi, pangkas secara rutin. Meskipun bisa bertahan tanpa sinar matahari, lebih baik letakkan dekat jendela atau pintu agar aktivitas fotosintesis tetap baik.

Lidah buaya atau aloe vera

Tanaman ini paling gampang berkembang biak. Macamnya juga banyak sekali. Perawatannya pun cukup mudah. Siram saat media tanah kering dan sesekali jemur di bawah matahari langsung.

Tanaman apa yang ingin Anda display di kamar tidur agar terasa lebih adem dan tentram? Selain daftar di atas, Anda juga bisa menghias kamar tidur dengan tanaman ukuran kecil misalnya sukulen.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selain Cocok Menghias Kamar Tidur, 5 Tanaman Ini Juga Mudah Perawatannya.

Selain terkait tanaman penghias kamar tidur, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.