7 Kelebihan Menghabiskan Waktu Sendiri yang Tak Disadari oleh Milenial
Ilustrasi menghabiskan waktu sendirian (Pexels/Uriel Mont)

Bagikan:

SURABAYA – Di sela kesibukan bekerja dan beraktivitas bertemu dengan banyak orang, sesekali membutuhkan waktu sendiri demi kesehatan mental. Menurut Amy Morin, psikiatris dan penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, semakin sibuk Anda maka semakin butuh menikmati waktu sendiri.

Menurut Morin, ada 7 manfaat menikmati kesendirian menurut sains, berikut daftarnya dilansir Forbes, Jumat, 28 Mei.

Waktu sendiri meningkatkan empati

Dalam lingkaran pertemanan atau rekan kerja, mentalitas ‘kita vs mereka’ berkembang. Dengan menghabiskan waktu sendirian bisa membantu seseorang untuk meningkatkan welas asih untuk orang-orang yang mungkin tidak cocok dalam kelompok pertemanan.

Kesendirian meningkatkan produktivitas

Ruangan kantor yang terbuka memungkinkan setiap orang dapat berkomunikasi lebih mudah. Tetapi berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa dikellingi lebih banyak orang bisa mereduksi produktivitas. Anda dapat bekerja lebih baik dengan memiliki sedikit ‘ruang’ privasi.

Kesendirian memicu kreativitas

Bekerja sendirian bisa memberi kesempatan untuk otak mengembara dan membatu jadi lebih kreatif. Artinya, ada alasan mengapa banyak penulis atau seniman bekerja menyendiri untuk menyelesaikan karyanya.

Bisa membangun kekuatan mental

Waktu sendiri dan bersosial dibutuhkan setiap manusia. Untuk mengimbangkan porsinya, Anda bisa mengatur waktu kapan butuh sendiri dan waktu lain untuk berkumpul bersama rekan. Berdasarkan studi, memberikan waktu bernapas dan sendirian berkaitan dengan peningkatan kebahagiaan.

Dengan merasa bahagia, kepuasan hidup juga mengalami peningkatan. Manajemen stres akan lebih baik dan orang yang menikmati waktu menyendiri bisa minim depresi.

Mengurangi masalah perilaku pada anak-anak

Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang belajar sendiri berperilaku lebih baik daripada anak-anak lain. Ini berarti, sebagai orang tua perlu mengatur jadwal anak-anak untuk imbang belajar sendiri maupun bersama teman sebayanya.

Berkesempatan menyusun rencana

Menyusun rencana aktivitas seminggu ke depan berbeda dengan membikin denah untuk mendapatkan hidup yang sejahtera. Dengan menghabiskan waktu sendirian, Anda dapat memiliki kesempatan untuk memastikan tujuan hidup ditengah hiruk-pikuk ruangan kerja.

Kesendirian membantu mengenal diri sendiri

Saat menikmati waktu sendiri, seseorang lebih nyaman dan menerima diri sendiri. Bahkan, ketika sendiri Anda dapat membuat pilihan tanpa interupsi dari luar. Ini akan membantu Anda untuk lebih mengenali potensi diri.

Tak membutuhkan waktu lama untuk menikmati waktu sendiri, cukup komunikasikan dengan pasangan dan ambil waktu selama satu jam untuk berdiam di suatu tempat yang membuat Anda merasa nyaman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menurut Studi, Ada 7 Alasan Perlunya Menghabiskan Waktu Sendiri.

Selain terkait kelebihan menghabiskan waktu sendiri, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.