7 Rekomendasi Kegiatan Menjelang Buka Puasa yang Ringan untuk Dilakukan
Ilustrasi rekomendasi kegiatan sebelum buka puasa (Unsplash/Raamin ka)

Bagikan:

SURABAYA - Saat puasa Ramadan, badan akan terasa lemas. Terlebih saat waktu menjelang buka puasa. Di saat itu biasanya ada waktu luang, namun energi kian melemah. Anda tetap bisa mengisi momen tersebut dengan rekomendasi kegiatan menjelang buka puasa berikut ini.

1. Meninjau akun media sosial

Pesan Goldsmith, menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial tidak benar-benar sosial. Itu artinya Anda bisa mengelola lebih efektif dalam mengakses media sosial Anda. Anda bisa memilih orang-orang terdekat dan berkomunikasi santai dengan mereka. Ini tak akan menghabiskan waktu lebih dari tiga puluh menit.

2. Menghubungi teman lama

Mengirim pesan teks atau email ke seseorang yang pernah ada dalam hidup Anda bisa dilakukan untuk mengisi waktu ketika menunggu berbuka. Berhubungan dengan teman lama, membuat Anda dan mereka merasa lebih baik.

3. Baca Buku

Baik buku, koran, majalah, bisa dibaca ketika Anda sedang punya waktu luang. Membaca secara rutin dalam membuat perbedaan besar dalam cara Anda memproses informasi, menurut Barton Goldsmith, Ph.D., LMFT. Dilansir Psychology Today, Selasa, 5 April. Selain itu, membaca buku jadi salah satu gaya hidup yang baik.

4. Buang dokumen lama

Baik dokumen yang tersimpan di file digital hingga amplop usang, bisa dipilah kembali mana yang masih penting dan tidak. Mungkin karena Anda tidak punya waktu untuk membersihkan seluruh dokumen, maka bisa mencicilnya sedikit demi sedikit ketika menunggu berbuka.

5. Menata peralatan makan

Aktivitas yang konstruktif seperti menata-letakkan peralatan makan ternyata membantu membuat pikiran jadi lebih teratur. Menurut Goldsmith, psikoterapis dan penulis yang berbasis di Los Angeles, umumnya jika rumah lebih teratur maka pikiran juga akan lebih teratur.

6. Membuang sampah

Membuang sampah, merupakan aktivitas sederhana yang enggak ribet. Tetapi kadang jadi rumit karena tidak memiliki waktu luang. Nah, saat menunggu berbuka Anda bisa mengisi waktu dengan mengumpulkan kertas, nota, maupun dokumen yang tak terpakai. Kemudian memisahkan sampah organik dan non-organik hingga membuangnya ke luar rumah.

7. Berikan perhatian pada orang terdekat

Beberapa menit sangatlah berarti bagi orang terdekat Anda. Apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk bercengkerama, maka manfaatkan waktu sesaat sebelum berbuka puasa. Anda juga bisa memberikan perhatian pada binatang peliharaan ataupun tanaman hias di rumah. Cara ini bukan cara yang buruk untuk menghabiskan waktu, sebab membagikan perhatian bisa membantu kita merasa lebih aman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Menguras Energi, 7 Aktivitas Ini Bisa Dilakukan Saat Menunggu Buka Puasa.

Selain terkait rekomendasi kegiatan menjelang buka puasa, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.