4 Cara Menyeimbangkan Logika dan Emosi, Salah Satunya Mudah Diterapkan
Ilustrasi cara menyeimbangkan logika dan emosi (Pexels/Anastasia Shuraeva)

Bagikan:

SURABAYA – Emosi bisa meliputi emosi negatif dan positif. Menurut penelitian yang dilakukan L. Pessoa dan R. Adolphs tahun 2010, ada 25 macam dimensi emosi. Mulai dari kecemasan, kekaguman, kecanggungan, kebosanan, ketenangan, kebingungan, keinginan, rasa empati, takut, sedih, dan lainnya.

Dalam pengambilan keputusan, misalnya, emosi terlibat dengan logika. Apabila berat disalah satunya, maka bisa-bisa hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Untuk tetap bijak ketika mengambil keputusan, ada 4 cara menyeimbangkan logika dan emosi secara mudah agar kesehatan mental terjaga.

Singkirkan faktor-faktor yang merugikan Anda

Mungkin ada pihak-pihak yang tidak terlalu menguntungkan atau membuat suasana semakin keruh. Faktor tersebut bisa membuat Anda jauh dari keaslian perasaan Anda sendiri. Faktor tersebut juga bisa mengubah arah, yang awalnya logis jadi kurang realistis.

Maka cobalah mendengarkan suara hati dari dalam diri yang intinya luangkan waktu untuk diri sendiri dan terpisah dari pendapat orang lain.

Pakai metode yang disarankan psikolog, yaitu H.A.L.T.

Metode ini dikenal sebab mengutamakan kesehatan mental. Selain itu, metode ini juga dipakai dalam bidang bisnis sehingga bisa lebih kalkulatif tetapi tidak mengabaikan emosi diri. Metode ini merupakan akronim dari hunger, anger, loneliness, tiredness.

Ini merupakan anjuran bahwa pengambilan keputusan jangan saat Anda lapar, marah, merasa sendiri, dan kelelahan. Empat kondisi tersebut bisa menurunkan kemampuan Anda untuk mengevaluasi setiap kemungkinan atau pilihan yang ada.

Buat daftar pro, kontra, dan risiko

Dengan tenang, pikirkan dan buat daftar mengenai por, kontra, dan risiko. Terkadang cara paling sederhana ini sangat membantu untuk memposisikan perspektif secara tepat.

Baiknya lagi, pertanyaan terkait ketiganya bisa mengarahkan Anda secara intuitif ke pilihan yang terbaik. Semakin Anda tahu risiko yang akan ditanggung, maka semakin Anda mengerti seberapa besar perlu berkorban.

Jalani aktivitas yang menyenangkan

Menjalani aktivitas yang menyenangkan bisa memungkinkan emosi bisa dinegosiasi. Anda juga bisa lebih tenang ketika mengambil keputusan dan pikiran jadi lebih jernih. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Biar Lebih Bijak, Begini 4 Cara Menyeimbangkan Logika dan Emosi.

Selain terkait cara menyeimbangkan logika dan emosi, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.