Waspada! Ada 3 Skincare Alami yang Berbahaya bagi Kulit
Ilustrasi (Sarah Chai/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Saat ini, banyak wanita yang lebih memilih melakukan perawatan kulit dengan skincare berbahan dasar alami. Pasalnya, cara alami dirasa lebih murah dan mudah cara pengaplikasiannya. Tapi, siapa sangka kalau ada skincare alami yang berbahaya untuk kulit.

Ya, tidak semua bahan alami baik bagi kulit. Pasti, ada yang bisa bikin iritasi sampai alergi. 

3 Skincare Alami yang Berbahaya untuk Kulit

Berikut 3 skincare alami yang viral karena dipercayai aman bagi kulit, namun justru bisa membahayakan kulit.

Cuka apel

Melansir laman Herworld, Selasa, 10 Agustus, penggunaan cuka apel pada wajah diyakini dapat mengatasi jerawat dan mengembalikan Ph kulit di wajah. Hal ini diduga karena cuka apel mengandung asam asetat yang memiliki efek antibakteri dan antifungi.

Tapi, bukti medis akan kebenaran dari cuka apel untuk wajah ini lebih banyak efek sampingnya diantaranya chemical burn, dermatitis, alergi dan iritasi kulit dibandingkan manfaat yang bisa Anda dapatkan.  Berbicara soal mengembalikan Ph kulit, para peneliti justru membuktikan kebohongan besar dari klaim tersebut.

Baking soda

Memang sejatinya baking soda termasuk ke dalam salah satu formula suatu produk skincare untuk menyeimbangkan Ph yang ada dalam kandungan skincare lainnya dan fungsi ekfoliasi atau scrub. 

Tapi bukan berarti menggunakan baking soda murni dirasa dapat memberikan efek yang lebih powerfull! Nyatanya, baking soda murni mengandung basa yang bisa mengubah skin barrier. Sehingga dapat menimbulkan jerawat, iritasi, kemerahan, dan kering. 

Perasan Air Lemon

Perasan air lemon yang diduga bisa mencerahkan kulit karena menganggap adanya kandungan Vitamin C yang sama saja seperti menggunakan Skincare yang mengandung Vitamin C. 

Memang benar Vitamin C bisa membuat kulit menjadi cerah, tetapi jika sudah diolah dengan baik sebagaimana produk-produk skincare diluar saja. Lain hal jika langsung mengaplikasikan perasan air lemon yang mengandung Ph sangat asam bisa membuat kulit iritasi seperti kering, kemerahan, bahkan mengelupas. Terlebih bagi Beauty yang memiliki kulit sensitif.

Artikel ini telah tayang dengan judul 3 Skincare Alami yang Ternyata Berbahaya bagi Kulit.

Selain terkait skincare alami yang berbahaya, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.