5 Manfaat Makan Buah Berwarna Oranye untuk Kesehatan
Ilusrasi pepaya, buah berwarna oranye (Unsplash/Pranjall Kumar)

Bagikan:

SURABAYA – Ada segudang manfaat makan buah berwarna oranye yang tak banyak diketahui oleh masyarakat. Tak hanya buah, makanan alami lain dengan warna yang sama juga punya banyak manfaat kesehatan seperti labu dan ubi jalar.

Ahli nutrisi dan penulis Eating in Color,Frances Largeman-Roth, RDN., mengungkapkan sejumlah makanan bermanfaat khususnya yang berwarna oranye.

1. Baik untuk reproduksi sel kulit

Manfaat pertama dari buah dan makanan alami yang berwarna oranye adalah mengandung beta karoten. Zat tersebut dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel kulit dan baik untuk mata. Dalam tubuh, dilansir Clean Plates, Jumat, 13 Agustus, beta karoten diubah menjadi vitamin A.

Sebuah studi menemukan, mengonsumsi 3 buah dan atau sayuran berwarna oranye bisa meningkatkan penampilan kulit Anda.

2. Meningkatkan sistem kekebalan

Ketika mekanisme tubuh berjalan semestinya, maka sistem kekebalan tubuh akan seimbang. Nah, jika tubuh terasa drop, bisa meningkatkan kebugaran dengan mengonsumsi buah-buahan yang berwarna cerah, oranye.

3. Antioksidan

Jeruk merupakan salah satu buah sehat tinggi kandungan vitamin C yang dikonsumsi paling banyak di dunia. Sedangkan mangga, mengandung senyawa fenolik yang menyediakan struktur antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jelas Largeman-Roth.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Mangga juga mengandung tinggi serat yang membantu pencernaan dan sarat dengan antioksidan pencegah kanker.

5. Membantu menjaga kadar gula darah

Makanan alami berwarna oranye yang bisa membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh adalah ubi jalar. Berdasarkan jenis, ada berbagai warna ubi, seperti ungu, putih, kuning, dan oranye.

Ubi jalar berwarna oranye mengandung 103 kalori, 4 gram serat, dan empat kali lipat dari asupan beta karoten yang dibutuhkan harian. Selain itu, ubi jalar juga mengandung 35 persen vitamin C yang dibutuhkan sehari, mangan, dan mineral yang membantu gula darah Anda tetap stabil.

Manfaat terakhir dari buah oranye, yaitu salah satunya melon, bisa membantu mencukupi cairan dalam tubuh.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Manfaat Makanan Alami dan Buah Berwarna Oranye untuk Kesehatan.

Selain terkait manfaat makan buah berwarna oranye, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.