5 Tips Punya Anak Cerdas yang Bisa Dilakukan Para Orang Tua, Sudah Pernah Coba?
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Anak yang cerdas pasti menjadi kebanggaan orang tua. Tahukah Anda, kalau 50-80% tingkat kecerdasan anak berasal dari genetik atau bawaan. Berbagai cara tentu rela dilakukan orang tua agar anak anak tumbuh menjadi pribadi yang cerdas. Lalu, apa saja tips punya anak cerdas?

Tips Punya Anak Cerdas

Ada banyak tips yang bisa diikuti oleh para orang tua. Misalnya, memenuhi nutrisi anak dengan baik, hingga melakukan tes minat pada anak agar kemampuan anak bisa diarahkan dengan baik.

Tidak hanya itu, ada beberapa hal mendalam lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak agar menjadi cerdas. Berikut ini tipsnya:

Memenuhi Kebutuhan Biologis Anak

Dukung kecerdasan otak anak dengan memenuhi kebutuhan primer, seperti makanan dan minuman yang sehat dan gizi seimbang. Selain itu, lengkapi juga dengan imunisasi yang sesuai dengan tahap dan waktu perkembangan anak. Kebutuhan sekunder seperti pakaian dan rumah yang bersih juga harus terpenuhi.

Berikan Kasih Sayang

Kasih sayang yang cukup buat si kecil ternyata berpengaruh untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Penelitian membuktikan bahwa hubungan antar kasih sayang dan perkembangan otak saling berkaitan satu sama lain.

Sebisa mungkin coba tunjukkan kasih sayang Anda pada si kecil. Cukup dengan melakukan kontak mata saat berbicara dengannya atau memuji jika si kecil berbuat sesuatu yang membanggakan pada hari itu.

Berikan Stimulasi Sesuai Umur

Jika anak diberi stimulus secara terus menerus, kemungkinan besar anak akan menjadi cerdas. Misal, saat di dalam kandungan Ibu bisa memberi stimulus berupa mengelus perut, mengajaknya bicara, atau mendengarkan musik klasik pada anak.

Pada anak usia balita, Anda bisa memberikan mainan-mainan edukasi yang dapat merangsang otaknya untuk berpikir. Tidak hanya mainan, ajarkan juga anak membaca sejak dini atau bacakan buku cerita pada anak sebelum dia tidur.  Si kecil bakal belajar hal-hal baru dari apa yang dia dengar.

Berikan Penjelasan Sesuai dengan Usianya

Dalam masa tumbuh kembang anak, aka nada satu fase yang dikenal dengan ‘apa dan mengapa’. Di fase ini si kecil bakal memulai eksplorasi pada lingkungan sekitar dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Saat anak berada di fase ini, Anda sebaiknya harus sabar untuk menjawab semua pertanyaan si kecil, meski beberapa pertanyaan bakal sulit dijawab.

Saat memberikan jawaban pada anak usahakan sebisa mungkin jawaban tersebut jujur dan masuk akal ya. Jawaban yang bohong dan mengada-ngada hanya akan membuat kesalahpahaman ide pada anak saat dia besar nanti. Jadi, coba untuk menjawab jujur dan jelaskan sesuai dengan umurnya agar mudah dipahami.

Latih Anak Untuk Mandiri

Saat usia 2 tahun merupakan tahapan perkembangan penting bagi kemampuan motorik kasar dan halus si kecil. Anda bisa mulai mengajarkan anak untuk mandiri dengan membiarkan dia makan, minum, dan merapikan mainannya. Hal mudah dan sederhana ini rupanya efektif dalam membantu anak memperoleh kecerdasan otak yang optimal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mau Punya Anak Cerdas? Coba Lakukan 5 Langkah Ini.

Selain terkait tips punya anak cerdas, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.