7 Manfaat Cabai Jalapeno untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Memperpanjang usia
Ilustrasi cabai jalapeno (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

Bagikan:

SURABAYA – Mencari variasi bahan makanan alami yang berkhasiat menjaga kekebalan tubuh, tak boleh luput pada yang satu ini, jalapeno. Disebut sebagai cabai jalapeno karena memiliki rasa pedas seperti cabai yang dikenal secara umum. Lalu, apa bedanya dengan cabai rawit dan apa manfaat cabai jalapeno untuk kesehatan?

Cabai jalapeno ukurannya medium. Jika dibandingkan dengan cabai rawit, lebih besar. Namun daripada cabai merah besar, ukurannya lebih kecil. Ukuran pastinya memiliki panjang 5 – 10 sentimeter dan bentuknya agak bulat. Tebal daging buahnya mencapai 25 – 38 milimeter.

BACA JUGA:


Manfaat Cabai Jalapeno

Jika dibandingkan tingkat kepedasannya, jalapeno enggak kalah dengan cabai rawit lho. Cabai jalapeno ikonik dalam masakan khas Meksiko dengan skala kepedasan 2.500 – 8.000 SHU. Sebutan aslinya berasal dari bahasa Spanyol, yaitu xalapa.

Di Indonesia, bisa ditemukan dalam bentuk fermentasi atau kalengan acar maupun kering dalam bentuk bubuk cabai jalapeno. Untuk jalapeno segar, agak sulit ditemukan kecuali dipesan dahulu di market place dengan kisaran harga Rp.110.000 setiap kilogram.

Dalam jalapeno mengandung vitamin C, B6, dan mineral seperti mangan. Senyawa unik juga ditemukan dalam jalapeno, yaitu capcaisin.

Dilansir Alodokter, Kamis, 26 Agustus, capcaisin bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Mekanisme kerja senyawa capcaisin dalam tubuh mampu meningkatkan metabolisme. Ini berarti proses pembakaran lemak semakin efektif.

Selain itu, jalapeno juga banyak dicari untuk manfaatnya dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Ini dikarenakan adanya kandungan vitamin yang berperan dalam produksi sel darah putih, yaitu sel yang tangguh memerangi infektan atau zat asing yang menyerang tubuh.

Ragam manfaat cabai jalapeno, antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Menurunkan berat badan
  3. Membunuh sel kanker
  4. Menjaga kesehatan jantung
  5. Melawan infeksi
  6. Melawan radikal bebas, dan
  7. Memperpanjang usia

Rasa pedas pada jalapeno tentu perlu dipertimbangkan jika Anda memiliki GERD atau fluktuasi asam lambung. Sebelum mengonsumsinya, perlu memastikan bahwa perut sudah terisi atau tidak dalam kondisi kosong.

Tertarik membuat menu makanan khas Meksiko dengan membubuhkan cabai jalapeno di dalam hingangan Anda?

Artikel ini telah tayang dengan judul 7 Ragam Manfaat Cabai Jalapeno, Pertama: Bantu Jaga Kekebalan Tubuh.

Selain terkait manfaat cabai jalapeno, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.

Terkait