Tips Mencatok Rambut Agar hasil Maksimal, Tanah Lama, dan Lebih Indah
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Banyak wanita memilih mencatok rambut hampir setiap hari demi tampilan yang lebih rapi dan mengejar kecantikan. Selain meluruskan, catokan juga bisa bikin rambut lebih tertata rapi, tidak mengembang dan acak-acakan, juga bisa dipakai untuk styling. Semakin panjang dan tebal rambut, maka waktu untuk mencatok pun biasanya lebih lama. Tapi pernahkah Anda merasa kesal sesaat setelah keluar rumah, rambut sudah kembali kusut? Jika ya, Anda harus mencoba tips mencatok rambut berikut ini.

Mencuci rambut terlebih dahulu

Supaya hasil catokan lebih awet, pertama-tama Anda harus mencuci rambut dulu. Rambut yang bersih akan membuat hasil catok lebih rapi dan tidak mudah lepek. Sebaliknya, rambut yang kotor dan berminyak akan mempersulit proses mencatok dan hasilnya pun tidak akan bertahan lama. 

Blow dry sebelum mencatok

Setelah keramas, Anda bisa mengeringkan rambut dengan hair dryer. Hasil blow dry ini bisa bikin rambut jadi lebih gampang diatur dan tidak kusut. Pastikan Anda mengeringkan rambut secara menyeluruh ya, jangan sampai masih ada bagian yang basah dan lembap karena bisa merusak helaiannya. 

Pakai serum atau vitamin rambut

Agar mencegah rambut dari kerusakan dan bikin setiap helainya lebih lembut, Anda bisa pakai serum atau vitamin rambut sebelum mulai mencatok. Produk ini bisa Anda aplikasikan ke batang rambut saat masih setengah basah. Jadi, gunakanlah di tengah-tengah proses pengeringan rambut. Jangan pakai sampai ke akar karena bisa bikin rambut gampang lepek. 

Pemilihan alat catok 

Sekarang ini alat catok makin beragam. Semakin berkualitas, biasanya tidak akan merusak rambut dan malah bikin rambut jadi berkilau. Buat yang rambutnya panjang dan tebal, bisa memilih alat catok berbahan titanium karena lebih cepat menghantarkan panas. Sedangkan pemilik rambut pendek dan tipis bisa pakai catokan keramik. 

Bagi rambut jadi beberapa bagian

Biar catokan lebih tahan lama, memang tidak ada cara selain mencatoknya helai demi helai yang lebih tipis. Sehingga Anda butuh membagi rambut setidaknya jadi empat bagian. Semakin tebal rambut, Anda bisa membaginya lebih banyak! Intinya, semakin tipis bagiannya, semakin ‘matang’ hasil catokannya nanti. Memang harus bersabar agar semua helaiannya tercatok dengan sempurna. Tapi hasilnya bisa awet sampai 2 harian.

Artikel ini telah tayang dengan judul Trik Mencatok Rambut yang Hasilnya Bisa Tahan Berhari-hari.

Selain terkait tips mencatok rambut, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.